Jamaah I’tikaf Akbar MASK Membludak

Red: Irwan Kelana

Selasa 14 Jul 2015 00:15 WIB

Jamaah i'tikaf akbar MASK meluber hingga ke pekarangan masjid Foto: Irwan Kelana/Republika Jamaah i'tikaf akbar MASK meluber hingga ke pekarangan masjid

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Jamaah I’tikaf akbar Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat, malam ini membludak. “Sebagian jamaah tidak kebagian tempat, sehingga mereka mengambil tempat di lapangan futsal atau pekarangan masjid,” kata Ketua Panitia Ramadhan 1436 H Masjid Agung Sunda Kelapa Ustadz Mulyadi kepada Republika, Senin (13/7).

Ia menyebutkan, ruang ibadah utama sudah penuh oleh jamaah. Demikian pula dengan Aula Sakinah di lantai bawah dan Serambi Jayakarta. “Jamaah masih terus berdatangan. Sebab puncak acara i’tikaf akbar malam 27 Ramadhan 1436  ini adalah qiyamullail yang akan dilaksanakan pada pukul 02.00-03.00 dengan imam Syekh Essam Al-Mijzaji dan Syekh Abdulaziz dari Madinah,” kata Mulyadi.

Ia menambahkan, rangkaian acara I’tikaf akbar MASK dimulai pukul 22.00, diawali dengan tadarus yang dipimpin oleh imam rawatib MASK. Kemudian ceramah I’tikaf pertama oleh Ustadz Rachmat Syarif, dilanjutkan dengan senandung istighfar dan shalat Taubah.

 

Setelah itu, para jamaah istirahat sejenak dari pukul 00.00 hingga pukul 01.00. “Pada pukul 01.00 i’tikaf akbar dilanjutkan dengan tadarus dan ceramah I’tikaf kedua yang akan disampaikan oleh Ustadz Das’ad Latief, seorang ulama muda dari Makassar,” ujar Mulyadi.

Terpopuler