Setiap Hari Ada Ratusan Pembatalan Tiket KA di Stasiun Senen dan Gambir

Rep: c08/ Red: Hazliansyah

Senin 13 Jul 2015 18:32 WIB

Penumpang membeli tiket Kereta Api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (29/6). PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat masih terdapat 96.451 tempat duduk atau tiket yang urung terjual. Meski begitu, tempat duduk yang tersisa merupakan slot penumpang untuk keber Foto: Republika/Yasin Habibi Penumpang membeli tiket Kereta Api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (29/6). PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat masih terdapat 96.451 tempat duduk atau tiket yang urung terjual. Meski begitu, tempat duduk yang tersisa merupakan slot penumpang untuk keber

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) I Bambang Setiyo Prayitno mengatakan setiap hari ada ratusan tiket kereta api yang dibatalkan oleh calon penumpang. Bambang menyebut, tiket yang dibatalkan oleh calon penumpang tersebut kemudian mereka pasarkan kembali secara online.

"Kalau Gambir, Senen, dan semua lingkup DaopsI pembatalan selalu ada. Ada ratusan setiap hari yang membatalkan tiketnya," kata Bambang di Stasiun Senen Jakarta Pusat, Senin (13/7).

Akan tetapi Bambang tidak dapat menyebutkan jumlah detail dan tujuan tiket-tiket yang dibatalkan oleh calon penumpang. Sebab, kata Bambang, pembatalan tiket terjadi tidak hanya di musim mudik lebaran, tetapi juga untuk hari-hari biasa.

"Pembatalannya enggak cuma untuk tiket mudik, kadang mereka batalkan hari ini, tetapi tiket yang untuk seminggu, atau beberapa bulan ke depan. Ada juga yang dibatalkan hari ini, tapi itu langsung kita jual kalau calon penumpangnya melapor," ujar Bambang.

Bambang menyebut untuk tiket hingga H-1 sudah habis terjual 100 persen. Meski begitu, setiap hari kata dia tetap ada saja calon penumpang yang datang ke stasiun, untuk mencari keberuntungan mendapatkan tiket yang dibatalkan.

"Ada calon penumpang yang mencoba mencari keberuntungan mendapatkan tiket langsung ke stasiun," ucapnya.

Terpopuler