H-4 Lebaran, Jalur Mudik di Garut Masih Lancar

Rep: fuji-ep/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 13 Jul 2015 14:01 WIB

Jalur Selatan Foto: Republika/Adhi Wicaksono Jalur Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Empat hari menjelang Lebaran, arus lalulintas di jalur selatan Jawa Barat masih lancar. Senin (13/7) pagi ada sedikit peningkatan volume arus kendaraan. Tapi tidak terjadi kemacetan atau penumpukan kendaraan yang panjang sampai siang ini.

KBO Lantas Polres Kabupaten Garut, Iptu Sopian Effendi mengatakan, ada peningkatan volume arus kendaraan dari arah Bandung yang melintasi Kabupaten Garut menuju ke timur.

"Peningkatan arus kendaraan terjadi Senin pagi namun siang ini sudah kembali normal," kata Iptu Sopian kepada Republika, Senin (13/7) siang.

Iptu Sopian menjelaskan, peningkatan arus kendaraan terjadi di jalur utara Kabupaten Garut. Yakni di jalur mudik utama, rute Limbangan - Bandrek - Lewo sampai Malangbong.

Sementara untuk jalur Selatan Kabupaten Garut yang rutenya melalui Kadungora-Leles-Tarogong sampai Cilawu yang berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya, masih normal. Tidak ada kemacetan dan penumpukan kendaraan.

Hanya saja di Limbangan sampai Selawi ada sekitar 20 titik keluar masuk kendaraan. Sehingga arus lalulintas yang melintasi jalur tersebut mengalami pengurangan kecepatan.

Iptu Sopian menerangkan, untuk masalah pasar yang sering menimbulkan kemacetan, pada tahun ini telah dilakukan penataan. Karena tidak mungkin melarang masyarakat berjualan. "Jadi diupayakan mereka yang berjualan tidak sampai menggunakan badan jalan," ujarnya.

Kanit Turjawali Lantas Polres Kabupaten Garut, Iptu Zainuri di pospam Limbangan Kabupaten Garut menambahkan, siang ini tidak arus lalulintas di jalur mudik masih normal.

Diharapkan para pemudik yang sedang berkendaraan tetap mentaati peraturan lalulintas. Jika mulai kelelahan bisa beristirahat di pospam yang telah disediakan kepolisian.