Malam Ini Masjid Agung Sunda Kelapa Gelar I’tikaf Akbar

Red: Irwan Kelana

Senin 13 Jul 2015 08:13 WIB

Shalat tarawih di MASK Foto: Irwan Kelana Shalat tarawih di MASK

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat,  malam Selasa ini akan menggelar i’tikaf akbar malam 27 Ramadhan 1436 H. “I’tikaf akbar akan dimulai pada pukul 22.00, dimulai dengan tadarus Alquran, zikir, ceramah i’tikaf dan qimullail berjamaah. Setelah itu makan sahur bersama,” kata Ketua Panitia Ramadhan 1436 H Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Ustadz Mulyadi kepada Republika, Senin (13/7).

Mulyadi menambahkan, ceramah i’tikaf akan disampaikan oleh Ustadz Das’ad Latief (seorang ulama muda dari Makassar)  dan Ustadz Syarif Rahmat (seorang da’I yang kerap tampil berdakwah dengan tampilan khas berblangkon).

Mulyadi menyebutkan, selama 10 terakhir Ramadhan, MASK menyelenggarakan i’tikaf. Qiyamullail (shalat Tahajud dan Witir) dipimpin oleh imam yang berasal dari Madinah,  Syekh Essam Almizjaji dan  Syekh Abdulaziz Aloreqi. “Pada i’tikaf akbar ini pun, Syekh Essam dan Syekh Abdulaziz akan memimpin shalat Tahajud dan Witir secara bergantian,” tutur Mulyadi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, i’tikaf Ramadhan di MASK selalu dipadati oleh ribuan jamaah. “Pada malam-malam ke-21 hingga ke-26 biasanya jumlah jamaah berkisar 2.000 sampai 3.000 orang. Sedangkan pada malam i’tikaf akbar, biasanya jumlah jamaah membengkak menjadi sekitar 5.000-6.000 orang,” kata Mulyadi.

Terpopuler