Rokhmin Dahuri Beri Pencerahan Jamaah Iktikaf

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 13 Jul 2015 06:44 WIB

Guru Besar IPB, Prof Dr Rokhmin Dahuri sedang memberi pencarahan bagi jamaah iktikaf di Masjid Baitul Ihsan, Komplek Bank Indonesia, Sabtu (11/7) malam Foto: foto: damanhuri zuhri/republika Guru Besar IPB, Prof Dr Rokhmin Dahuri sedang memberi pencarahan bagi jamaah iktikaf di Masjid Baitul Ihsan, Komplek Bank Indonesia, Sabtu (11/7) malam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jam menunjukkan pukul 22.30 WIB, Sabtu (11/7). Masjid Baitul Ihsan yang terletak di Komplek Bank Indonesia, Jakarta Pusat, terus dikunjungi banyak jamaah yang akan melaksanakan iktikaf di 10 hari akhir Ramadhan.

Tak hanya kaum bapak dan ibu yang memadati ruang utama Masjid Baitul Ihsan yang megah itu. Para remaja dan anak-anak pun banyak yang hadir mengikuti sunnah Rasulullah SAW yang kian diminati umat Muslim menjelang berakhirnya bulan suci Ramadhan 1436 hijriyah.

Sebagian jamaah ada yang sedang melaksanakan shalat sunnah, sebagian lagi sedang membaca Alquran, dan sebagian besar jamaah yang malam itu datang menggunakan baju takwa putih, tampak antusias menyimak pencerahan yang disampaikan Guru Besar Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Rokhmin Dahuri.

Dengan logat khas Cirebonnya, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini mengungkapkan berbagai hasil penelitian dan riset tentang kehidupan yang sukses.

''Banyak orang beranggapan, hidup sukses ditandai dengan memiliki kedudukan, jabatan serta harta melimpah,'' tutur Rokhmin.

Menurut Rokhmin, Islam menilai hidup sukses bukan semata terjadi di dunia dengan kedudukan, pangkat, jabatan serta harta yang melimpah melainkan juga hidup sukses itu harus di dunia dan akhirat.

Rokhmin kemudian mengutip ayat Alquran pada surat Al-Baqarah ayat 201 yang artinya, ''Dan diantara mereka yang ada berdoa, 'Ya, Tuhan kami, berilahkami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.''

Karena itu, sambung putra nelayan Cirebon ini mengisahkan, tak sedikit sahabat Nabi SAW yang berlomba-lomba untuk menafkahkan hartanya untuk kepentingan agama dan masyarakat, bahkan sampai ada yang menyedekahkan seluruh hartanya.

''Itulah prilaku kebaikan yang ditampilkan para sahabat Nabi Muhammad SAW seperti Abu Bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan, Abdurrahman bin Auf dan banyak sahabat lainnya,'' ungkap Rokhmin.

Suasana semarak memburu Lailatul Qadar di malam ke-25 Ramadhan itu tak hanya tampak di Masjdi Baitul Ihsan, Bank Indonesia, juga tampak di Masjid Sunda Kelapa Menteng, Jakarta Pusat hingga masjid di perkampungan, tepatnya di Masjid Riyadlush Shalihin Parung, Bogor, Jawa Barat.

Terpopuler