Kapolri: Arus Mudik Lewat Pantura Menurun

Red: Israr Itah

Ahad 12 Jul 2015 21:28 WIB

Kapolri Badrodin Haiti (tengah) saat meninjau bus mudik. Foto: ANTARA FOTO/Reno Esnir Kapolri Badrodin Haiti (tengah) saat meninjau bus mudik.

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti menyatakan arus mudik kendaraan yang melintas exit tol Pejagan-Brebes ke arah jalur pantai utara (pantura) diperkirakan menurun dibandingkan tahun lalu.

Ini disampaikan Kapolri saat kunjungan ke Pos Terpadu Exit Tol Pejagan-Brebes. Selain mengecek arus mudik Lebaran juga untuk mengetahui sarana infrastruktur sekaligus kesiapan personel keamanan dalam mengamankan arus mudik di pantura.

"Kami imbau pemudik kendaraan harus ektra hati-hati karena proses pembangunan infrastruktur tol Pejagan-Brebes belum maksimal," katanya.

Ia mengimbau pemudik tidak memaksakan diri mengemudikan kendaraan jika kondisi sudah lelah. Ia meminta pemudiak menggunakan waktu empat jam sekali untuk beristirahat di rest area.

"Jangan memaksakan diri jika dalam kondisi lelah," katanya.

Demikian pula kepada pemudik sepeda motor, Kapolri berharap mereka tetap hati-hati dan gunakan waktu setiap dua jam untuk beristirahat.

Kapolda Jateng Inspektur Jenderal Polisi Nur Ali mengungkapkan sesuai pantauan jalur pantura ramai tetapi lancar. Kendati demikian, kata dia, ada beberapa titik kemacetan yang terjadi di Kabupaten Brebes, antara lain simpang exit Tol Pejagan dan pertigaan Pejagan, serta jalur pantura.

"Akan tetapi untuk tempat peristirahatan seperti tempat pengisian bahan bakar ramai dipadati para pemudik," katanya.