Mudik H-5 Melalui Pelabuhan Merak Masih Terkendali

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Joko Sadewo

Ahad 12 Jul 2015 17:46 WIB

Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (12/7).  (Republika/Prayogi) Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (12/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON -– Kapolda Banten Brigjen Pol Boy Rafly Amar mengatakan, kondisi arus mudik dari Serang hingga Pelabuhan Merak, masih terkontrol dan aman. Hingg kini belum ada gangguan kamtibnas atau kepadatan arus lalu lintas, yang menyebabkan terganggunya arus mudik.

Usai melakukan pemantauan di Pelabuhan Merak, dari dermaga satu hingga dermaga lima, Boy mengatakan belum ada peningkatan pemudik yang signifikan.   “Hingga hari ini, arus mudik di Banten sendiri masih aman terkendali, belum terjadi peningkatan yang signifikan, artinya masih dalam kontrol, angka kriminaltitas belum ada, namun satu kecelakaan sudah ada di daerah pandeglang,” kata Boy kepada wartawan, Ahad (12/7)

Ia memprediksi, sore hari ini hingga malam nanti akan ada peningkatan. Hal ini karena para pemudik, terutama sepeda motor memilih melakukan perjalanan pada malam hari. “Untuk personil kepolisian di siang hari maupun malam tetap berimbang kekuatannya,”  jelasnya

Dari pantauan di lima dermaga yang ada di Pelabuhan Merak Banten, belum terjadi penumpukan kendaraan baik roda dua maupun kendaraan pribadi. Bahkan di setiap loket tiket baik pemudik pejalan kaki dan kendaraan belum ada antrian yang panjang.

Berdasarkan data dari PT ASDP Ferry Indonesia Cabang Merak pada H-6 jumlah penumpang kapal yang sudah diberangkatkan sebanyak 79.706 orang terdiri dari  13.605 pejalan kaki, 66.102 pemudik dalam kendaraan,  sementara kendaraan yang sudah disebrangkan ke Pelabuhan Bakahuni sebanyak 17.161 baik roda dua maupun roda 4 atau lebih.

Terpopuler