Pemudik di Pelabuhan Merak Melonjak pada H-6

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Joko Sadewo

Ahad 12 Jul 2015 16:36 WIB

Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (12/7).  (Republika/Prayogi) Ribuan kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyeberang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Ahad (12/7). (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Hujan deras sepanjang malam di Pelabuhan Merak tidak menunda niat pemudik yang akan menyeberang ke Sumatera. Jumlah pemudik yang menyeberang pada pada H-6 justru melonjak dari hari sebelumnya maupun H-6 tahun lalu.

Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Christine Hutabarat mengatakan pada H-6 sebanyak 79.700 orang, 6.800 motor dan 10.300 mobil/bus/truk telah menyeberang. Jumlah tersebut, kata dia, jauh meningkat dari hari sebelumnya H-7 yang menyeberangkan 49.700 orang, 2.250 unit motor dan 7.900 mobil/bus/truk

"Jika dibandingkan dengan H-6 tahun lalu, jumlah pemudik H-6 tahun ini melonjak signifikan hingga 63 persen untuk penumpang, 53 persen untuk motor dan hingga 40 persen untuk kendaraan mobil/bus/truk," kata Christine, Ahad (12/7).

Meski terjadi lonjakan pemudik yang signifikan pada H-6, General Manager ASDP Indonesia Ferry Merak Yanus Lentanga mengatakan operasional pelayanan untuk pemudik tetap berjalan baik dan lancar. "Kami memaksimalkan operasional kapal hingga 29 kapal kemarin dengan capaian 103 trip, sepanjang malam hingga saat ini Pelabuhan Merak sangat lancar," lanjutnya.

Walaupun hingga H-6 sudah menunjukkan lonjakan pemudik yang signifikan, namun ASDP Indonesia Ferry memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 atau H-4 saat dimulainya cuti bersama yang ditetapkan pemerintah.

Terpopuler