Kampanye 'Hikmah Puasa 2015' Salurkan Ribuan Bingkisan Paket Lebaran

Red: Hazliansyah

Ahad 12 Jul 2015 14:39 WIB

Penyaluran bingkisan lebaran dalam program 'Hikmah Puasa 2015-Berbagi Kebaikan' Foto: ist Penyaluran bingkisan lebaran dalam program 'Hikmah Puasa 2015-Berbagi Kebaikan'

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan adalah bulan yang penuh kebaikan. Tak ayal, seluruh umat muslim di dunia berlomba untuk berbuat baik. Pahala yang berlipat telah menanti bagi setiap umat yang melakukan kebaikan.

Karena itulah kampanye "Hikmah Puasa 2015-Berbagi Kebaikan" digulirkan. Kampanye yang dimotori PT Djarum ini mengajak masyarakat merenungkan kembali betapa berbuat kebaikan dapat dilakukan setiap saat dengan mudah pada orang-orang di sekitar kita.

“Kampanye ini mengajak kita untuk mengingatkan orang-orang di sekitar kita untuk berbagi kebaikan. Salah satunya memulai dari diri sendiri dengan tindakan nyata, sederhana, namun bermakna,” ujar Budi Darmawan, Senior Corporate Communication Manager PT Djarum.

Kampanye ini telah digulirkan melalui berbagai media, mulai dari TV Commercial, melibatkan masyarakat melalui On-Ground Activation serta Social Media Movement (Digital Activation). Serta untuk menambah gelombang kampanye, program ini juga bekerja sama dengan forum internet terbesar di Indonesia Kaskus.

Khusus On-Ground Activation, kampanye ini digelar di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya dan telah berhasil mendorong warga berpartisipasi menyumbangkan barang layak pakai. Sumbangan masyarakat yang berhasil terkumpul antara lain dalam bentuk pakaian, sepatu, tas, buku, mainan, hingga alat olahraga.

Dari pengumpulan sumbangan di dropbox dan pastisipasi hashtag #berbagikebaikan di social media, dari 8 Juni – 5 Juli 2015, berhasil mengumpulkan sekitar 14 ton barang layak pakai dan 21.301 hashtag #berbagikebaikan.

Setiap 10 kilogram barang layak pakai dikonversi menjadi 1 paket Bingkisan Lebaran. Sementara setiap 20 hashtag #berbagikebaikan sama dengan 1 paket Bingkisan Lebaran.

Total telah tercapai Bingkisan Lebaran sebanyak 2.448 paket . Melihat antusias dan semangat masyarakat dalam program ini, maka PT Djarum membulatkan paket Bingkisan Lebaran menjadi 3000 paket.

Isi Paket Bingkisan Lebaran disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing panti, antara lain: Sembako, peralatan sekolah, selimut, baju koko, sajadah, perlengkapan tidur, dan lain-lain.

3000 paket Bingkisan Lebaran tersebut disalurkan kepada 43 Panti Asuhan dan 8 Panti Wreda di Jabodetabek, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Sementara itu barang layak pakai sumbangan dari partisipan Hikmah Puasa 2015 sebanyak 14 ton akan dibagikan secara bertahap kepada kaum dhuafa di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Timur, setelah Hari Raya Idul Fitri.

"Program “Hikmah Puasa 2015 - Berbagi Kebaikan” menjadi bukti, bahwa suatu kebaikan dapat menginspirasi kebaikan lainnya," kata Budi dalam keterangan tertulis, Ahad (12/7).

Terpopuler