H-5, Kendaraan Roda Dua Padati Pantura Cirebon

Rep: Lilis Handayani/ Red: Bilal Ramadhan

Ahad 12 Jul 2015 12:53 WIB

 Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar Jalan Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (11/7).  (Republika/Raisan Al Farisi) Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar Jalan Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (11/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Memasuki H-5 lebaran, arus pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua makin meningkat. Mereka pun memadati jalur pantura Cirebon, Ahad (12/7) pagi.

Berdasarkan pantauan, kepadatan pemudik motoris itu terlihat memadati jalan Brigjen Dharsono By Pass Kota Cirebon, sekitar pukul 10.00 WIB. Motor yang rata-rata bernopol Jakarta tersebut melaju menuju arah Jawa Tengah.

''Saya sengaja mudik di hari Minggu karena baru dapat jatah libur hari ini,'' ujar seorang pemudik motor, Adam yang akan menuju Kendal, Jateng.

Sementara itu, petugas yang berjaga di Pos Pengamanan Mudik yang berada di Jalan Pemuda, tak jauh dari Jalan Brigjen Darsono, terus memberikan imbauan dengan pengeras suara agar para pemudik selalu hati-hati.

Jika merasa lelah, pemudik pun diminta berhenti di sejumlah posko peristirahatan, yang terletak di sekitar perempatan lampu merah Jalan Pemuda. Sementara itu, kepadatan pemudik motoris juga terlihat di jalur pantura Tegal Karang, Kabupaten Cirebon, sekitar pukul 09.00 WIB.

Di jalur itupun hampir tidak ada ruang lengang sehingga menyulitkan para penyebarang jalan yang hendak menyeberang. Mereka akhirnya dibantu oleh petugas supaya bisa menyeberang jalan. ''Pemudik pada H-5 lebih meningkat dibanding H-6, didominasi roda dua,'' ujar Kapolsek Panguragan, AKP Didi.

Terpopuler