Jasa Marga Cek Kesiapan Jalan Tol untuk Mudik

Red: Indira Rezkisari

Ahad 12 Jul 2015 11:37 WIB

Petugas PT Jasa Marga cabang Jakarta-Tangerang saat membagikan peta mudik di gerbang tol Karang Tengah, Tangerang, Banten, Kamis (9/7). Foto: Antara//Lucky R Petugas PT Jasa Marga cabang Jakarta-Tangerang saat membagikan peta mudik di gerbang tol Karang Tengah, Tangerang, Banten, Kamis (9/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Achiran Pandu Djajanto mengungkapkan jalan-jalan tol yang dikelola oleh pihaknya sudah dilakukan pengecekan dan persiapan untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini.

"Persiapan sudah dilakukan terutama di Jalan Tol Cikampek, Jalan Tol Palimanan-Kanci (Palikanci) dan Jalan Tol Semarang-Ungaran-Bawen," katanya dalam acara pelepasan peserta mudik bersama Jasa Marga di Padepokan Pencak Silat Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Ahad (12/7).

Ia menegaskan bahwa selain sudah dilakukan pengecekan, personel yang bertugas harus siap beroperasi selama 24 jam. Jasa Marga menyelenggarakan acara mudik bersama yang mengerahkan 28 armada bus dan diikuti oleh 1.300 peserta dengan kota tujuan utama Solo dan Yogyakarta.

Para peserta mudik bersama tersebut utamanya adalah masyarakat jalan tol dan pekerja kantor Jasa Marga di kawasan Jabodetabek. "Peserta adalah pegawai yang sehari-hari bekerja di Jasa Marga seperti tukang sapu jalan, karyawan, serta masyarakat di sekitar kantor Jasa Marga atau jalan tol yang benar-benar membutuhkan," kata Kepala Bagian Humas Jasa Marga Wasta Gunadi.

Pihak penyelenggara juga melakukan pemeriksaan terhadap pengemudi bus yang berpartisipasi dalam acara mudik bersama tersebut. Dari 38 pengemudi dan asisten pengemudi yang diperiksa, hanya ada empat orang yang terindikasi mengalami tekanan darah tinggi.

"Mayoritas sehat, hanya empat yang tekanan darahnya tinggi. Kami memberi obat darah tinggi dan vitamin untuk dikonsumsi dua kali sehari," kata dr Sri, petugas kesehatan yang bertugas memeriksa pengemudi dalam mudik bersama Jasa Marga.

Untuk mudik bersama tahun ini, Jasa Marga mengeluarkan anggaran tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sebesar Rp 600 juta, atau meningkat hampir 16 persen dari anggaran tahun lalu.

Terpopuler