Menhub: Terminal Pulogadung Perlu Direvitalisasi

Red: Esthi Maharani

Ahad 12 Jul 2015 06:22 WIB

Terminal Pulogadung Foto: Antara Terminal Pulogadung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan Terminal Pulogadung perlu direvitalisasi supaya pelayanan kepada masyarakat dan penumpang bus bisa lebih baik dan optimal.

"Terminal Pulogadung sudah tua dan perlu dibenahi. Kalau memang Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih ingin mempertahankan terminal tersebut, perlu ada perbaikan-perbaikan," kata Ignasius Jonan saat memantau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (11/7).

Jonan mengatakan telah mendengar kabar bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan untuk memindahkan Terminal Pulogadung ke Pulo Gebang dan membangun terminal baru.

Menurut Jonan, hal itu memang perlu karena Terminal Pulogadung sudah semakin tua dan kurang layak untuk melayani penumpang bus, terutama saat arus mudik ketika jumlah penumpang mengalami peningkatan.

Terkait puncak arus mudik, Jonan mengatakan masing-masing moda transportasi memiliki karakter masing-masing. Kemungkinan yang akan mengalami puncak arus mudik adalah terminal bus.

"Kemungkinan puncak arus mudik di terminal akan terjadi pada Senin (13/7) atau Selasa (14/7). Untuk kereta api sepertinya tidak akan bertambah karena tiketnya sudah terjual habis. Begitu pula dengan bandara, saya rasa tidak akan ada penumpukan penumpang," tuturnya.

Terpopuler