Periksa Listrik Sebelum Mudik

Red: Esthi Maharani

Ahad 12 Jul 2015 02:37 WIB

 Petugas kepolisian memantau jalur arus mudik melalui tayangan kamera cctv di Pos pantauan arus mudik yang menyatu dengan Pos Polisi Cikopo, Cikampek, Jawa Barat, Jumat (10/7). Foto: Republika/Raisan Al Farisi Petugas kepolisian memantau jalur arus mudik melalui tayangan kamera cctv di Pos pantauan arus mudik yang menyatu dengan Pos Polisi Cikopo, Cikampek, Jawa Barat, Jumat (10/7).

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran Palangka Raya mengimbau warga yang mudik Lebaran memeriksa ulang seluruh instalasi listrik dan memastikan semuanya aman sebagai antisipasi kebakaran.

"Sebaiknya periksa semuanya, dan memastikan tidak korsleting. Dicabut saja jika tidak dibutuhkan, maka sebaiknya seluruh peralatan elektronik jangan dinyalakan," kata Kepala Bidang Damkar, BPBD dan Damkar Wawan Berlinson, Sabtu (11/7).

Hal ini harus dilakukan warga termasuk gedung perkantoran maupun yang tutup selama libur Lebaran. Selama libur Lebaran pihaknya akan tetap memaksimalkan pelayanan dengan menyiagakan pasukan yang dilakukan bergantian.

"Selama libur Lebaran biasanya banyak rumah dan kantor yang kosong ditinggal mudik. Untuk mengantisipasi jika ada kebakaran di tempat tersebut, maka anggota kita akan tetap siaga," kata dia.

Ia mengatakan, dari seluruh kebakaran yang pernah terjadi sebagian besar disebabkan oleh konsleting listrik akibat instalasi yang tidak sesuai standar.

"Sebagian besar penyebab kebakaran karena kondisi instalasi listrik tidak standar. Oleh karena itu, akan lebih baik jika warga memeriksa instalasi listrik di rumah maupun kantor," kata mantan Kepala UPT Damkar Ibu Kota Kalimantan Tengah, Palangka Raya, itu.

Terpopuler