Transaksi Tol Lambat Picu Penumpukan Kendaraan di Tol Palimanan

Rep: C36/ Red: Ilham

Sabtu 11 Jul 2015 21:36 WIB

 Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar Jalan Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (11/7).  (Republika/Raisan Al Farisi) Ribuan kendaraan terjebak kemacetan di pintu keluar Jalan Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (11/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pihak Jasa Marga mengkonfirmasi salah satu penyebab penumpukan kendaraan di pintu Tol Palimanan. Lamanya pelayanan di loket pembayaran menjadi penyebab penumpukan itu.

Petugas Pos Jasa Marga, Edi Junaedi mengatakan, rata- rata waktu yang digunakan untuk melayani pengendara di Tol Palimanan adalah 20-25 detik. Idealnya, waktu untuk melayani pembayaran hanya 10 detik saja.

"Idealnya memang singkat, sekitar 10 detik saja. Karena SDM kami masih baru, jadi masih butuh pembiasaan," jelas Edi ketika dijumpai ROL di Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2015, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Sabtu (11/7).

Pihaknya menegaskan, waktu pelayanan yang relatif lama itu bukan disebabkan ketidakmampuan SDM. Tenaga yang masih baru bekerja tersebut dinilai masih sangat berhati-hati menangani transaksi pembayaran jalan tol. "SDM yang kami miliki membutuhkan waktu agar terbiasa. Penumpukan hanya terjadi di pintu tol saja, bukan di ruas tolnya," tambah Edi.

Seperti diketahui, penumpukan kendaraan sepanjang delapan kilometer terjadi di pintu Tol Palimanan pada Sabtu, dinihari. Hingga siang, penumpukan mencapai sembilan kilometer. Namun pada Sabtu sore, penumpukan terus berkurang.

Terpopuler