#BlackMuslimRamadhan, Rayakan Sejarah Muslim Kulit Hitam

Rep: C38/ Red: Ilham

Sabtu 11 Jul 2015 21:24 WIB

Muslim Amerika pertama, Yarrow Mamout Foto: http://almadinainstitute.org Muslim Amerika pertama, Yarrow Mamout

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Mengintip hashtag #BlackMuslimRamadhan di Twitter, Anda akan menyaksikan beragam tweet dari komunitas Muslim kulit hitam di Amerika. Mulai dari foto makanan buka puasa yang lezat, refleksi makna minoritas Muslim di Amerika, dan sampai ratusan wajah Muslim kulit hitam di negeri itu diposting dalam akun itu.

Semua itu merupakan bagian dari upaya yang diluncurkan Donna Auston, seorang mahasiswa doktoral di bidang antropologi. Ia menilai, sejarah Muslim kulit hitam di Amerika nyaris setua negara itu, tapi terpinggirkan seperti sekian banyak sejarah kulit hitam pada umumnya.

Sebagai seorang Muslim kulit hitam, Auston tidak melihat pengalaman mereka terepresentasi dalam media-media Islam. Khususnya, selama bulan suci Ramadhan. Tanpa banyak bicara, ia pun merebut kembali wacana komunitasnya lewat hashtag #BlackMuslimRamadhan.

Dilansir dari IBTimes, Sabtu (11/7), hashtag itu langsung popular di kalangan pengguna Twitter sejak diluncurkan Rabu, lalu. Sejumlah pengguna Twitter memposting makanan buka puasa mereka. Yang unik, misalnya tomat hijau goreng.

Selain itu, ada pula yang menggunakan hashtag ini untuk menyampaikan isu krusial tentang diskriminasi Muslim kulit hitam. Tidak hanya dari luar komunitas Muslim, diskriminasi tersebut juga muncul dari dalam komunitas Muslim.

Sebagian lagi menuliskan sejarah Muslim kulit hitam di Amerika. Lewat kicauan-kicauan tersebut, mereka menegaskan akar kesejarahan Muslim kulit hitam di Amerika. “Muslim pertama di Amerika bukan imigran dari Asia atau Timur Tengah, tetapi seorang budak dari Afrika Barat,” tulis @zuleykhatt143.

Yang paling sederhana, para netizen itu membagikan foto-foto kebersamaan dengan keluarga, kerabat, dan sahabat di dunia maya. Wajah-wajah tersenyum lebar dan busana berwarna-warni tampak meriah di bawah hashtag #BlackMuslimRamadhan.

 

 

Terpopuler