Ada Posko Kesehatan, Pemudik Tak Perlu Khawatir

Rep: C05/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sabtu 11 Jul 2015 17:54 WIB

Mudik Awal: Antrean penumpang ketika memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/7). Foto: Republika/ Yasin Habibi Mudik Awal: Antrean penumpang ketika memasuki Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (8/7).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG--Para pengendara mobil tak perlu khawatir jika saat mudik tiba tiba badan merasa kurang fit. Sebab sepanjang Tol Jakarta Cikampek tersebar posko kesehatan bagi pemudik.

Salah satu posko itu hadir di Rest Area 57. Di mana letaknya berada tepat di bagian depan. Tampak dari luar terpampang spanduk berwarna hijau dengan tulisan "Layanan Kesehatan Gratis".

Penjaga posko kesehatan itu, Andri Irawan (28) menyatakan program ini sifatnya adalah agenda rutinan. Yakni selalu ada di tiap momen mudik. "Ini pelayanan dari Jasa Marga dengan Rumah Sakit setempat," ujarnya saat ditemui di Posko Kesehatan, Sabtu (11/7).

Dia menjelaskan Posko ini baru dibuka tepat satu hari yang lalu, Jumat (10/7). Andi menyebutkan layanan kesehatan yang ada terdiri dari bermacam macam jenis. Misal seperti pengukuran tensi darah dan ada juga penyediaan vitamin bagi pengunjung.

"Sejak kemarin hingga hari ini, pengunjungnya sudah berjumlah enam orang. Kebanyakan yang datang adalah supir truk yang rute perjalanannya jauh," ujar dia. Mereka ini biasanya minta suplemen vitamin agar badan tetap prima.

Meski didominasi pengunjung supir truk, bukan berarti orang biasa tak ada yang datang ke posko itu. Saat Republika berada di sana, tampak seorang ibu paruh baya datang untuk memeriksa tensinya.

Yati Sunarti (45) mengaku dirinya memiliki darah tinggi. Wanita yang hendak pergi ke Bandung ini merasa agak sesak dadanya. "Makanya saya ke sini untuk memeriksa tensi," ujar dia.

Setelah diperiksa oleh Andri, didapati kalau tensi wanita itu adalah 170. Di akhir pemeriksaan tersebut, Andri menawarkan obat secara cuma cuma bagi Yati. Namun ternyata Yati sudah memiliki obatnya sendiri.

"Di sini kami memberikan semuanya gratis mulai dari pemeriksaan, vitamin dan juga obat obat ringan. Jadi tak perlu khawatir jika ingin mengecek kesehatan di sini," ujar dia.

Terpopuler