Hati-Hati Saat Melintasi Pantura Timur

Red: Ani Nursalikah

Jumat 10 Jul 2015 20:33 WIB

 Pemudik menggunakan sepeda motor mulai terlihat di jalan Pantura, Pemalang, Jawa Tengah, Senin (21/7). (Republika/ Wihdan) Foto: Republika/ Wihdan Pemudik menggunakan sepeda motor mulai terlihat di jalan Pantura, Pemalang, Jawa Tengah, Senin (21/7). (Republika/ Wihdan)

REPUBLIKA.CO.ID, KUDUS -- Pemudik Lebaran yang melintasi Jalur Pantura Timur, khususnya wilayah Rembang dan Pati sebaiknya berhati-hati agar tidak mudah terlena dengan kondisi jalan lurus yang kondisinya cukup bagus.

"Kondisi jalan yang lurus dan bagus memang patut menjadi kewaspadaan para pemudik agar terhindar dari kecelakaan. Apalagi, kendaraan besar yang melintasi jalur tersebut juga melaju cukup kencang," ujar Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Pol Musyafak ditemui di sela-sela memantau kesiapan jajarannya di wilayah eks-Keresidenan Pati, Jumat (10/7).

Saat rombongan melintasi Jalur Pantura Timur, khususnya masuk wilayah Rembang menuju Pati, kata dia, laju kendaraan besar, seperti bus memang melaju kencang. Agar terhindar dari kecelakaan, para pengendara harus ekstra hati-hati mengingat jalannya juga tidak ada median jalannya sehingga rawan kecelakaan.

Hingga saat ini, kata dia, kasus kecelakaan memang nihil dan perlu dipertahankan. Hasil pantauannya ke beberapa Polres, seperti Polres Blora, Rembang, Pati dan Kudus, kata dia, semua jajarannya cukup siap menghadapi pemudik Lebaran, termasuk pengamanan di wilayahnya masing-masing.

Bahkan, masing-masing jajaran juga sudah menyiapkan pos pengamanan. "Mereka juga kami minta untuk mengantisipasi aksi kriminalitas yang dimungkinkan muncul pada momen Lebaran, seperti pencurian, peredaran uang palsu, hingga perkelahian," ujarnya.

Terpopuler