Kemenhub Nilai Tingkat Keamanan Bandara Kualanamu

Red: Ani Nursalikah

Kamis 09 Jul 2015 19:45 WIB

 Calon penumpang memasuki kawasan bandara pada Calon penumpang memasuki kawasan bandara pada "Soft Operation" Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumut, Kamis (25/7). (Antara/Septianda

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kementerian Perhubungan mengakui tingkat keamanan di Bandara Udara Kualanamu cukup tinggi.

Usai peresmian 'media center' Bandara Kualanamu, Kamis (9/7), Direktur Keselamatan Penerbangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) M Nasir Usman mengatakan cukup banyak pihak yang mengakui tingginya tingkat keamanan di Bandara Kualanamu tersebut.

Namun, pihaknya juga mengingatkan tentang adanya kondisi keamanan yang perlu ditingkatkan di bandara yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang tersebut.

"Kalau mau selamat, keamanan harus ditingkatkan," ucapnya.

Ia mencontohkan keberadaan beberapa rumah warga yang terlalu dekat dengan pagar Bandara Kualanamu atau memiliki ketinggian yang lebih dari pagar tersebut.

"Bisa saja mereka melompat ke areal bandara," ujar M Nasir yang masih menjabat Kepala Otoritas Bandara Medan itu.

Meski pengawasan dan patroli selalu dilakukan, tetapi kondisi itu bisa menimbulkan kerawanan di infrastruktur transportasi udara tersebut.

Demikian juga dengan keberadaan masyarakat atau anak-anak di sekitar bandara yang bermain layang-layang sehingga dapat mengganggu aktivitas penerbangan.

Terpopuler