Wow, Solidaritas Beragama Pendeta Inggris Ikut Berpuasa

Rep: c07/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 09 Jul 2015 16:52 WIB

Muslim Inggris Foto: thehuffingtonpost.com Muslim Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, BIRMINGHAM -- Sebagai bentuk penghormatan dan solidaritas dengan Muslim Inggris, seorang pendeta di Birmingham, Inggris ikut berpuasa selama bulan Ramadhan, ia pun ikut mengumpulkan dana untuk Human Relief Foundation, lembaga yang membantu Muslim dan Kristen yang dianiaya di Irak.

Anthony Murley, seorang pendeta dari Gereja All Saints di Herbert Road, Small Heath, mengatakan kepada Birmingham Mail pada Senin (6/7), dengan berpuasa menjadi salah satu kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan pemahaman antara kedua agama dan berbagi perspektif tentang puasa di setiap tradisi mereka.

“Kami menyadari perbedaan antara iman kami, serta keinginan kami untuk melayani masyarakat dengan kasih. Ini sangat bagus untuk dapat memaksimalkan pertemuan satu sama lain, untuk terlibat dalam pembelajaran bersama dan persahabatan sejati,” ujar Murley dikutip dari Birmingham Mail, Senin (6/7).

Murley bukan satu-satunya orang Kristen yang berpuasa Ramadhan untuk menampilkan rasa solidaritas. Awal bulan ini, orang-orang Kristen dari seluruh dunia telah berpartisipasi dalam kampanye baru, #Christian4Ramadan, untuk berbagi semangat bulan suci bersama Muslim di seluruh dunia.

Nasrin Shah, penghubung antar agama di Masjid Hussainia  mengambil bagian dalam Prapaskah, mengatakan musim Kristen sangat "mirip" dengan yang dianjurkan di bulan Ramadhan. “Saya merasa itu adalah sikap yang sempurna untuk menunjukkan solidaritas bersama Gereja All Saints,” kata dia.

Hubungan yang erat antara  masjid Hussainia dan Gereja All Saints dimulai ketika Masjid memberi gereja sekotak coklat saat Natal tahun lalu. Kemudian, gereja berencana memberi hadiah kepada masjid di Idul Fitri.

"Menyebarkan cinta bertetangga merupakan awal pemecah es kemudian kebekuan dan bisa menjadikan rasa syukur yang sangat besar," ucapnya.

Sejak itu, ada banyak acara yang diselenggarakan antara dua tempat ibadah, termasuk mencuci amal mobil, pertemuan untuk proyek-proyek lingkungan dan rumah ibadah wisata bagi masyarakat setempat.

Anthony kini telah mencapai lebih dari 100 persen dari tujuannya 500 Euro dengan banyak dari masyarakat setempat yang datang bersama-sama untuk menyumbangkan dan berbagi pesan dukungan.

Terpopuler