KNRP Berbagi Kebahagiaan Idul Fitri dengan Pengungsi Palestina

Red: Indah Wulandari

Kamis 09 Jul 2015 16:51 WIB

Tim Relawan Kemanusiaan KNRP Foto: knrp Tim Relawan Kemanusiaan KNRP

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) fokus menyalurkan bantuan kemanusiaan dari rakyat Indonesia jelang Idul Fitri agar rakyat Palestina di kamp pengungsi Lebanon dan Suriah ikut merasakan kebahagiaan.

 

“Lebanon kembali dipilih KNRP sebagai tempat penyaluran bantuan langsung dikarenakan salah satunya akses untuk ke Jalur Gaza masih ditutup pemerintah Mesir. Mereka tidak kalah menderita hidupnya dan memerlukan bantuan, terutama jelang hari raya. Begitu juga dengan pengungsi Palestina di Kamp Yarmouk Suriah,” ungkap Ketua Harian KNRP Pusat Caca Cahayaningrat, Kamis (9/7).

 

Lebih lanjut, Caca mengungkapkan, bantuan terkumpul dalam kurun waktu sebelum Ramadhan sampai dengan program Safari Ramadhan 1436 Hijriah. Distribusinya akan dilakukan  Kamis (9/7) hinggaSelasa (14/7).

 Mengenai bantuan yang akan disalurkan, Caca menambahkan, untuk di Lebanon, para pengungsi Palestina akan mendapatkan paket bahan pokok, paket berbuka puasa bersama keluarga dhu’afa dan yatim, paket bingkisan lebaran, bantuan perbaikan Masjid di Kamp Pengungsian dan juga bantuan untuk program Tahfidz.

 

Sementara, di Suriah akan disalurkan beberapa bantuan yang sama, antara lain paket berbuka puasa bersama keluarga dhuafa dan yatim, bingkisan Lebaran, bantuan proyek pembuatan dan perbaikan kamar mandi umum atau MCK dan bantuan pendidikan berkelanjutan.

“Bantuan pendidikan berkelanjutan ini, antara lain, insentif tenaga pendidik, pendirian Taman Kanak-Kanak, renovasi sekolah-sekolah yang hancur dan beasiswa bagi pelajar,” tutur Caca, yang pernah dua kali memasuki Jalur Gaza tahun 2012 dan 2013 bersama Duta KNRP Opick Tombo Ati.

Tim Relawan Kemanusiaan ini sendiri terdiri dari empat orang, di antaranya, Ketua Harian KNRP Pusat Caca Cahayaningrat, Sekretaris Umum KNRP Heri Efendi, Direktur Program Luar Negeri KNRP Suhartono, dan Kepala Biro Humas KNRP Zakaria.

Tim Relawan Kemanusiaan KNRP ini nantinya akan bergabung dengan Lembaga Konsorsium Kemanusiaan dari negara-negara Eropa saat akan memasuki Kamp Yarmouk di Suriah.

Terpopuler