Sambal Matah dan Ayam Goreng Cocok untuk Berbuka Puasa

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Kamis 09 Jul 2015 15:17 WIB

Ayam goreng Foto: flickr Ayam goreng

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keluarga Anda menyukai masakan ayam? Tapi bingung bagaimana lagi cara menyajikan ayam secara berbeda.

Terlebih lagi di bulan Ramadhan kebutuhan menu yang beragam akan menjadi sangat penting untuk memuaskan keinginan anggota keluarga.

Salah satu masakan ayam yang begitu terkenal di Indonesia adalah ayam goreng. Menu ini begitu mudah ditemukan, tapi bagaimana jika dipadu dengan sambal matah? Pakar kuliner Sisca Soewitomo membagi resep ayam goreng siram sambal matah sebagai salah satu pilihan menu berbuka atau sahur selama bulan Ramadhan.

Bahan-bahan yang bisa disiapkan, 1 ekor ayam yang sudah dipotong 16 bagian. "16 bagian itu pas buat ukuran ayam di Indonesia," ujar Sisca saat ditemui ROL beberapa waktu lalu.

Bahan untuk bumbu ayam goreng bisa gunakan bumbu siap saji yang sudah banyak beredar di pasaran, atau jika Anda ingin membuatnya sendiri bisa siapkan bawang merah, bawang putih, kemiri yang disangrai, kunyit, dan beri garam. Semua bumbu ini digerus dan setelah lembut, lumuri ayam dengan bumbu tersebut. Ingat, jika ingin membuat ayam goreng, jangan lupa ungkep ayam berbumbu tersebut sampai setengah matang, kemudian goreng di minyak panas yang penuh agar warna ayam goreng merata.

"Ayam taruh di freezer kalau masih bersisa, mau digoreng, taruh dulu agar sesuai dengan suhu ruangan," ujar Sisca memberi tips menyimpan ayam agar tetap awet.

Sedangkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal matan terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, daun jeruk, serai, semuanya iris tipis, kemudian siapkan pula terasi bakar, dan air jeruk nipis sebagai penambah cita rasa sambal lebih menggoda. Selanjutnya tumis semua bahan tersebut dengan minyak secukupnya hingga terlihat layu, angkat.

Setelah ayam di goreng, sambal pun sudah jadi, saatnya menikmati taburan ayam dengan sambal matah yang pedas, gurih, dan menggugah selera makan.

Terpopuler