MUI: Saling Mengunjungi Saat Lebaran Harus Dijaga

Rep: c93/ Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 08 Jul 2015 13:57 WIB

Silaturahim keluarga Foto: corbis.com Silaturahim keluarga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tengku Zulkarnain mengatakan, banyak sekali ritual yang dianjurkan Islam saat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Ritual yang pertama adalah mengumandangkan Takbir, Tahlil dan Tahmid sejak tenggelamnya matahari.

 

“Bacaan Takbir, Tahlil dan Tahmid tersebut terus dikumandangkan hingga menjelang khatib ke atas mimbar untuk Shalat Idul Fitri,” kata Tengku Zulkarnain kepada Republika, Rabu (8/7).

 

Ritual lainnya adalah membayar Zakat Fitrah yang diwajibkan bagi setiap umat Islam yang mampu, bahkan bayi yang baru lahir beberapa detik pun. Tengku melanjutkan, Ada ritual menjalankan silaturahim dari satu rumah ke rumah lainnya di Indonesia yang harus dijaga.

 

Sebagaimana disunatkan Rasulullah SAW untuk bersilaturahim dan saling memaafkan pada 1 syawal. Menurut Tengku, tradisi yang telah berlangsung di Indonesia selama ratusan tahun tersebut adalah tradisi yang sangat baik.

 

“Saling mengunjungi sesama kaum Muslim, famili dan handai tolan. Tradisi ini bagus dilanjutkan karena tidak bertentangan dengan ajaran Islam malah sesuai dengan ajaran Nabi kita,” jelas Tengku menambahkan.

 

Terpopuler