Jelang Lebaran, MUI Imbau Masyarakat tak Konsumtif

Rep: Maniarti/ Red: Agung Sasongko

Senin 06 Jul 2015 15:21 WIB

Berburu diskon (ilustrasi). Foto: Republika/Prayogi Berburu diskon (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jelang hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menghimbau agar masyarakat tidak berperilaku konsumtif. Ketua MUI Bidang Pemberdayaan Ekonomi umat, Anwar Abbas mengatakan, masyarakat juga harus teliti sebelum membeli barang  atau jasa yang ditawarkan. Sehingga tidak terjadi kekecewaan dan penyesalan.

"Tinggal sepuluh hari lagi kita akan berlebaran. Beberapa hari ke depan sudah tentu merupakan hari-hari berbelanja bagi masyarakat baik untuk di konsumsi sendiri maupun untuk dibagi dan dihadiahkan kepada sanak saudara. Masyarakat diminta untuk  mampu mengendalikan dan menguasai keinginannya untuk membeli barang dan jasa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujar Anwar Abbas kepada ROL, Senin (6/7).

Ia menjelaskan, masyarakat juga diminta untuk  tidak membeli  kebutuhan pokok secara berlebihan yang pada akhirnya  akan dapat memicu kenaikan harga.

Selain itu, masyarakat juga harus   memperhatikan tanggal kedaluarsa terhadap produk-produk pangan olahan baik  dalam bentuk eceran maupun parcel agar terjamin keamanan, keselamatan dan kesehatan. Marniati

Terpopuler