Lemang Ketan dengan Rendang, Makanan Lebaran Favorit Fedi Nuril

Rep: c25/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 06 Jul 2015 11:15 WIB

Fedi Nuril Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Fedi Nuril

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Untuk santap sahur dan berbuka puasa, Fedi Nuril mengaku tidak memiliki makanan kesukaan khusus, namun untuk Lebaran, lemang ketan dengan rendang menjadi menu kesukaannya bersama keluarga.

Banyak orang menikmati Lemang Ketan, makanan khas melayu yang terbuat dari beras ketan yang dimasak menggunakan seruas bambu, menggunakan campuran tape ketan hitam. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Fedi Nuril, aktor Indonesia, dan keluarga besarnya.

Aktor yang sempat membintangi film Lima Centimeter, Ayat Ayat Cinta dan Get Married tersebut, justru biasa menikmati lemang ketan dengan ditambahkan rendang, yang menjadi campuran atau pelengkap dari lemang ketan itu sendiri.

Bahkan, lemang ketan dengan rendang menjadi menu kesukaan pria kelahiran 1 Juli 1982 dan keluarga, yang biasa ia nikmati saat merayakan Hari Raya Idul Fitri, dari tahun ke tahun.

Meski tidak harus disediakan, lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu mengaku kalau Lebarannya akan menjadi lebih menyenangkan dan terasa, saat lemang ketan dengan rendang, hadir di meja makannya.

Kebiasaan menikmati Lemang Ketan dengan Rendang, diakui Fedi, sudah dilakukan keluarganya sejak ia kecil. “Abis jarang kan nemuin yang enak, jadi kalau ada waktu lebaran itu menyenangkan,” kata dia.

Pemeran Nino dalam film Mengejar Matahari yang memiliki nama asli Fedrian Nuril tersebut, menuturkan kalau kebiasaan menikmati lemang ketan dengan rendang, ditemui ia dan keluarganya secara tidak sengaja.

Tapi, lantaran rasa yang ditimbulkan dari campuran tersebut dirasa nikmat, akhirnya hingga kini, aktor yang juga dikenal sebagai pemain keyboard dan gitar, menjadi terbiasa, untuk menikmati lemang ketan dengan rendang, terlebih, saat hari istimewa, seperti Hari Raya Idul Fitri.

Kebiasaan menikmati lemang ketan dengan rendang, menurut personil dari band Garasi itu, memang cukup unik lantaran beberapa teman dan kebanyakan orang yang ia tahu, biasa menikmati lemang ketan dengan kuah tape ketan hitam.

Karena cita rasa yang tak biasa, hingga kini menikmati lemang ketan dengan rendang, menjadi kebiasaan yang selalu dilakukan pemeran Pras dalam film Surga Yang Tak Dirindukan. “Unik aja biasanya orang pakai ketan, cuma di keluarga tuh yang makan lemang ketan pake rendang,” ujarnya menerangkan

Terpopuler