Minum Air Putih Saat Berbuka Cegah Infeksi Saluran Kencing

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indah Wulandari

Senin 06 Jul 2015 09:32 WIB

Minum air putih (ilustrasi). Foto: Republika/Amin Madani Minum air putih (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,ABU DHABI -- Rajin minum air putih saat berbuka puasa dapat menghindari infeksi saluran kencing.

"Ada peningkatan jumlah infeksi saluran kemih di bulan Ramadhan ini," kata ahli neuorologi di Rumah Sakit Burjeel, Abu Dhabi, Dr Manaf Al Hashimi dilansir dari the National, Senin (6/7).

Infeksi saluran kencing atau kemih ini sering terjadi di bulan puasa karena tidak adanya cukup air untuk menyiram bakteri yang keluar dari tubuh. Bakteri akhirnya menempel ke kantong kemih dan akhirnya menghasilkan gejala infeksi.

Infeksi saluran kencing tak hanya disebabkan bakteri, tapi juga jamur atau virus. Makan makanan pedas atau asin memengaruhi tingkat pH urine. Jika ada perubahan signifikan dari pH urine tersebut, maka kemungkinan infeksinya lebih tinggi.

Wanita disarankan untuk banyak minum jus cranberry yang dikenal mencegah infeksi saluran kencing. Ginekologis di Rumah Sakit Medcare Dubai Dr Agatha Moniz menambahkan, wanita yang berpuasa saat hamil sangat rentan terkena infeksi ini.

"Itu karena wanita hamil tak bisa minum banyak akibat adanya tekanan rahim pada perut, sehingga mereka tak bisa minum air cukup dalam sehari," ujarnya.

Cara mengatasinya adalah memperbanyak makanan yang kaya vitamin A, C, atau E yang membantu meningkatkan kekebalan dan mencegah radikal bebas sehingga mencegah infeksi bakteri. Gejala infeksi saluran kencing ini termasuk sensasi terbakar saat buang air kecil, nyeri perut bagian bawah, ada darah dalam urin, hingga sakit punggung.

Terpopuler