Sepiring Ghouzi Bagi Pengunjung Masjid di Bahrain

Rep: Marniati/ Red: Indah Wulandari

Senin 06 Jul 2015 08:31 WIB

Buka bersama di Masjid Ahmed al-Fateh Center,Bahrain Foto: onislam Buka bersama di Masjid Ahmed al-Fateh Center,Bahrain

REPUBLIKA.CO.ID,MANAMA -- Selama bulan suci Ramadhan, masjid utama di Bahrain, Ahmed al-Fateh Islamic Center menawarkan makanan buka puasa gratis  bagi umat Islam dan non-Muslim. Hal ini sebagai bentuk indahnya berbagi di bulan suci.

"Ini dimulai sejak tahun 2000. Orang yang menyumbang tidak ingin disebutkan identitasnya. Ia murah hati dan memastikan bahwa makanan cukup untuk memberi makan orang berbuka puasa," ujar pengawas masjid, Abdulrahman Bukhammal seperti dilansir onislam.net, Senin (6/7).

Ia menjelaskan, setiap tahunnya terdapat 12.000 orang yang menghadiri buka puasa gratis selama Ramadhan untuk semua warga Bahrain.

Bahkan non-Muslim pun juga dapat merasakan menu makanan gratis yang dibagikan 15 menit sebelum waktu berbuka tiba. Pihak masjid menyediakan menu berupa ghouzi (beras dan daging), air, dan jus.

Masjid yang terletak di kawasan Juffair ini menyediakan lebih dari 400 paket makanan setiap harinya selama bulan Ramadhan. Makanan disajikan di tenda yang dibangun di depan masjid.

"Sebanyak 70 piring besar ghouzi, masing-masing cukup untuk enam orang. Beberapa orang juga membawa sejumlah kecil buah-buahan dan jus sebagai bagian dari kontribusi mereka,"kata Bukhammal.

Selain memberikan makanan buka puasa gratis, masjid juga menawarkan ceramah agama setiap hari dalam bahasa Urdu, Hindi, Inggris dan Arab. Tema ceramah seputar pentingnya Ramadhan dan manfaatnya.

Masjid yang memiliki perpustakaan dan ilmu Alquran ini juga menjadi tempat wisata  selama bulan suci.

Terpopuler