Masjid di Manchester Tawarkan Tur Wisata Gratis Selama Ramadhan

Rep: c 38/ Red: Indah Wulandari

Senin 06 Jul 2015 08:24 WIB

Peserta tur Ramadhan Masjid Khizra Foto: youtube Peserta tur Ramadhan Masjid Khizra

REPUBLIKA.CO.ID,KAIRO -- Sebuah masjid di Manchester, Inggris menawarkan wisata gratis selama bulan suci Ramadhan, dilanjutkan acara makan malam dengan ratusan jamaah. Pengelola masjid melihat Ramadhan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kesadaran tentang Islam.

"Kami telah mendapat respon yang sangat baik sejauh ini. Bagi banyak peserta tur, ini pertama kalinya mereka menginjakkan kaki di masjid," kata seorang relawan dari Masjid Khirza Sajjad Amin kepada Manchester Evening News, Senin (6/7).

Ia mengungkapkan, gagasan di balik tur ini adalah berbagi kebahagiaan Ramadhan dengan masyarakat sekitar, sekaligus membantu mereka untuk memiliki pemahaman yang lebih baik tentang Islam.

"Ketika orang-orang datang dan Anda berbicara dengan mereka, Anda akan menemukan tidak ada perbedaan besar yang memisahkan di antara kita," tambah Amin.

Diselenggarakan oleh Masjid UKIM Khirza di Cheetham Hill Road, wisata gratis dan buka puasa bersama ini bertujuan untuk memperbaiki citra umat Islam di Inggris.

Di masjid berkubah raksasa itu, pengunjung diajak bergabung bersama 300-an jamaah untuk menyantap berbagai makanan, termasuk samosa, bhajis, kebab, kari dan permen tradisional Asia.

Masyarakat di Manchester diimbau untuk turut serta dalam wisata dan buka puasa yang akan diselenggarakan pada hari Selasa-Kamis, 7-9 Juli dan Senin 13 Juli.

Sejak awal Ramadhan, agenda Ramadhan di masjid ini telah dihadiri oleh staf Royal Mail, petugas polisi setempat, para guru, dan anggota masyarakat lain.

Inggris memiliki populasi hampir 2,7 juta minoritas Muslim. Ramadhan di negara itu dimulai pada Kamis (18/6) lalu dan diharapkan berakhir pada tanggal 16 Juli mendatang.

Terpopuler