Umi Pipik dan Psikolog Rustika Thamrin Bagi Rahasia Cari Suami Ideal

Red: Irwan Kelana

Ahad 05 Jul 2015 00:02 WIB

Pipik Dian Irawati bersama karyawan BRI Syariah Foto: Irwan Kelana/Republika Pipik Dian Irawati bersama karyawan BRI Syariah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bagaimana cara mencari suami ideal menurut Islam? Pertanyaan menggelitik tersebut diajukan salah seorang jamaah pada acara buka puasa bersama keluarga besar BRI Syariah yang diadakan di Menara Jamsostek Jakarta, Jumat (3/7).

Ia menanyakan hal tersebut kepada Umi Pipik Dian Irawati dan psikolog Rustika Thamrin yang tampil sebagai narasumber talk show menjelang buka puasa bertajuk  “Alquran sebagai  pedoman membina keluarga bahagia”.

Pipik menjawab, untuk mencari suami yang baik, hal pertama yang harus diperhatikan adalah agamanya. “Kalau hendak menikah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah carilah calon suami atau calon istri yang agamanya baik. Kalau agamanya baik, insya Allah yang lainnya semuanya akan baik,” kata istri almarhum Ustadz Jeffry Al-Buchori itu.

Rustika Thamrin memberikan jawaban yang tak kalah menggelitik dengan pertanyaanya. “Ingin mendapatkan suami yang ideal, carilah laki-laki yang dekat dengan ibunya.”

Namun ia segera menegaskan bahwa dekat dengan ibunya bukan berarti dia merupakan anak manja atau  anak mami.  “Bukan anak mami. Maksudnya adalah laki-laki yang berbakti dan mengayomi ibunya. Kalau dia dekat dan mengayomi ibunya, maka dia pun akan baik kepada istrinya,” ujar  psikolog dari RSIA Brawijaya Woment  and Children Hospital Jakarta itu.

Masih ada lagi syarat berikutnya, kata Rustika. Selain dekat dengan ibunya, perhatikanlah bagaimana hubungan lelaki tersebut dengan saudaranya. “Kalau hubungannya dengan saudaranya, terutama adik atau kakaknya baik, dia mengayomi mereka, maka kepada istrinya pun ia akan baik,” papar Rustika Thmarin.

Terpopuler