Paket Lebaran untuk Imam Masjid Pedalaman

Red: Dwi Murdaningsih

Sabtu 04 Jul 2015 17:21 WIB

peket lebaran untuk imam dan dai Foto: BMH peket lebaran untuk imam dan dai

REPUBLIKA.CO.ID, BULUNGAN -- Baitul Maal Hidayatullah (BMH) memberikan hadiah paket lebaran untuk dai dan imam masjid pedalaman (3-4/7). Paket ini diberikan di Masjid Al-Ikhlas Desa Long Telenjau, Kecamatan Peso Hilir, Bulungan, dalam rangkaian acara peringatan Nuzulul Quran

“Long Telenjau adalah satu binaan BMH di pedalaman. Masyarakat di sini belum menikmati aliran listrik dan umat Islamnya hanya 16 KK alias minoritas,” ungkap Luqman Kepala BMH Bulungan.

Dia berharap paket bantuan untuk dai dan imam masjid tersebut bisa memotivasi dai dan imam masjid pedalaman untuk terus berkiprah dengan dakwah. Selain menyalurkan paket lebaran dai dan imam masjid pedalaman, BMH juga kembali menyalurkan program wakaf sejuta Alquran. Dengan demikian, hubungan BMH dan masyarakat dalam dakwah bisa semakin kuat.

Untuk tiba ke lokasi, BMH biasa menggunakan jalur sungai menggunakan speedboat selama 2 jam lebih. Perjalanan ke tempat itu bisa dilalui dengan jalur darat, tetapi debu dan lelahnya bisa tiga kali lipat dibanding jalur sungai.

Dai dan imam masjid di Desa Long Telenjau ini umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Kemudian, setiap hari mereka harus mengajar membaca Alquran setidaknya tiga kali, yaitu saat siang, sore dan malam hari.

Imam masjid Al-Ikhlas Hendro Usmantoro mengatakan sejauh ini, hanya BMH, Lembaga Amil Zakat (Laz) yang mau peduli terhadap dakwah di sini. "Sampai-sampai Long Telenjau pun sudah cukup kenal dengan kiprah BMH selama ini,” ungkapnya.

Hal ini ternyata senada dengan pikiran masyarakat Long Telenjau yang disampaikan melalui perwakilan tokoh desa dan kepala Kantoru Urusan Agama (KUA) Kecamantan Peso Hilir, Mansur. “Kami ingin generasi di sini benar-benar menjadikan Alquran dan Hadits sebagai pedoman hidup,” ucapnya.

Untuk membantu dakwah BMH, masyarakat bisa berdonasi melalui rekening Bank Muamalat 448.000.1234 atas nama Baitul Maal Hidayatullah.

Terpopuler