Warga Binaan Lapas Curup Antusias Ikuti Kegiatan Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 04 Jul 2015 11:22 WIB

Narapidana mengikuti pesantren kilat di dalam tahanan. Foto: Antara Narapidana mengikuti pesantren kilat di dalam tahanan.

REPUBLIKA.CO.ID, REJANGLEBONG -- Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II-A Curup Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, mengisi bulan Ramadhan kali ini dengan kegiatan keagamaan.

"Program kegiatan keagamaan selama bulan Ramadhan kali ini diantaranya pelaksanaan sholat tarawih berjamaah, kultum serta pengajian. Para pengisi acara ini selain didatangkan dari luar, juga diisi oleh warga binaan yang paham dengan keagamaan," kata Kepala Lapas kelas II-A Curup, Bambang Basuki di Rejanglebong, Sabtu (4/7).

Kegiatan Ramadhan yang dilaksanakan warga binaan tersebut kata dia, rutin dilaksanakan setiap tahun. Harapannya, dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masing-masing warga binaan sehingga tidak akan mengulangi perbuatan melawan hukum lagi.

Dari 500 orang lebih jumlah warga binaan di Lapas tersebut, mayoritas beragama Islam sehingga pelaksanaan kegiatan keagamaan  selalu ramai oleh jamaah.

Selama bulan Ramadhan tahun ini, Basuki mengatakan melakukan perubahan jadwal kunjungan terhadap warga binaan. , Untuk Senin-Jumat mengalami pengurangan 30 menit dari sebelumnya.

Jika pada hari biasa jadwal kunjungan Senin sampai Kamis terhitung dari pukul 09.00-14.30 WIB, selama Ramadhan dari pukul 09.00-14.00 WIB.B egitu juga untuk Jumat dari pukul 09.00 WIB-11.30 WIB menjadi dari pukul 09.00 WIB-11.00 WIB. Sedangkan untuk jadwal kunjungan Sabtu dan Ahad tidak mengalami perubahan.

Terpopuler