Banda Aceh Gelar Gampong Ramadhan

Red: Agung Sasongko

Jumat 03 Jul 2015 20:01 WIB

Kampung Ramadhan Foto: Antara Kampung Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Kota Banda Aceh menggelar kegiatan bertajuk Gampong Ramadhan yang berlangsung 4 Juli hingga 12 Juli 2015.

"Kegiatan ini digelar untuk menarik wisatawan dan memperkenalkan sensasi Ramadhan di Aceh kepada para turis dalam maupun luar negeri," kata Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Banda Aceh Drs Marwan di Banda Aceh, Jumat (3/7).

Pelaksanaan Gampong Ramadhan, kata dia, dipusatkan di Jalan Tepi Kali atau di seputaran pinggir Krueng Aceh. Kegiatan ini berlangsung selama sembilan hari. Ada beberapa kegiatan yang digelar di Gampong Ramadhan. Di antaranya pameran dan bazar murah kebutuhan lebaran. Selain itu, ada juga jajanan berbuka puasa, dakwah, dan musik religi.

Di ajang tersebut juga digelar perlombaan MTQ, hafiz atau menghafal Alquran, dai cilik, azan, dan lomba mewarnai. Serta ada juga peragaan busana, lomba beduk, dan lain sebagainya. "Selain itu, ada juga berbagai kegiatan seni dan budaya lainnya seperti stand up comedy, dan lain sebagainya. Serta ada juga lelang baju seleberiti yang hasilnya disumbangkan kepada anak yatim," ujar Marwan.

Drs Marwan menyebutkan event ini akan menampilkan suasana gampong atau desa. Dan pengunjung bisa bersantai seraya bisa menikmati kuliner Aceh saat malam usai shalat tarawih. Melalui Gampong Ramadhan, kata Marwan, diharapkan selain untuk menyemarakkan bulan puasa, juga menjadi wadah silaturahmi dan sarana interaksi sosial keagamaan.

"Selain itu, juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan, juga menciptakan peluang bisnis melalui interaksi pengunjung dan pedagang di Gampong Ramadhan," kata Drs Marwan.

Terpopuler