Sambut Arus Mudik, Angkasa Pura II Aktifkan 328 CCTV Baru

Rep: C18/ Red: Israr Itah

Jumat 03 Jul 2015 09:04 WIB

Kamera CCTV Kamera CCTV

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Mengamankan arus mudik lebaran di Bandara Soekarno-Hatta, PT Angkasa Pura II mengaktifkan 328 buah Circuit Camera Television (CCTV) baru. Penambahan unit kamera pantau itu disebar di berbagai wilayah bandara.

"Jadi total kami sudah memasang 1197 kamera CCTV," terang Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Zulfahmi, Jumat (3/7) di Tangerang.

Zulfahmi mengatakan penambahan kamera CCTV itu sebenarnya sudah dipasang sejak Desember 2014 kemarin. Kamera pengintai itu ditempatkan di sejumlah titik yang dinilai rawan di areal bandara.

"Kita pasang di area check-in penumpang, terminal keberangkatan dan kedatangan 1, 2 dan 3, kawasan parkir, bagasi dan kargo," ungkapnya.

Zulfahmi mengatakan ribuan CCTV tersebut siap dioperasikan 24 jam penuh terutama saat musim mudik lebaran 2015 nanti. Zulfahmi menambahkan fungsi kamera pengawas tersebut bakal dioptimalkan mulai H-7 hingga H+7 lebaran. 

Zulfahmi mengatakan untuk mengamankan musim mudik lebaran Angkasa Pura tak hanya mengaktifkan CCTV. Pengelola bandara di Indonesia itu juga akan mengandalkan kekuatan TNI angkatan udara bersenjata lengkap, kepolisian dan keamanan bandara atau Avian Security (avsec).

"Kuran lebih kami siapkan 817 personel gabungan," kata Zulfahmi.

Sementara, untuk pengawasan dan pemeriksaan penumpang serta barang bawaan penumpang, Bandara Soekarno-Hatta akan menggunakan puluhan mesin pemindai (X Ray) yang ditempatkan di bagasi 36 unit, kabin 35 unit.

Terpopuler