Polda Banten Pantau Arus Mudik Melalui 14 CCTV

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Angga Indrawan

Kamis 02 Jul 2015 10:06 WIB

Gerbang Tol Merak (ilustrasi) Foto: www.my.opera.com Gerbang Tol Merak (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SERANG -- Selama arus mudik lebaran Polda Banten akan memantau lalu lintas di jalur utama mudik menggunakan 14 Closed Circuit Television (CCTV) resmi NTMC Polri yang terpasang disejumlah titik. CCTV ini nantinya sangat berguna untuk penindakan cepat saat mengurai kemacetan pada posisi rawan macet.

Direktur Lalu Lintas Polda Banten Kombespol Rudi Antariksawan menyebutkan, titik mudik yang sudah terpantau melalui CCTV di jalur uama pemudik seperti Serang Timur, Gerem (Pintu Tol Merak), Tol Serang Barat hingga Cikupa.

“Yang lain baru proses. Insya Allah minggu depan ada sepuluh titik tambahan di jalur utama kita pasang, termasuk jalur wisata,” kata Rudi Antariksawan saat memperlihatkan ruang kontrol CCTV kepada wartawan di Mapolda Banten, Kamis (2/7).

Banyak manfaat yang didapatkan dengan dipasangnya CCTV disejumlah titik rawan kemacetan selama arus mudik berlangsung, salah satunya bisa mempersiapkan penanganan cepat jika terpantau adanya kepadatan kendaraan yang menuju Pelabuhan Merak.

“Para pemudik yang menggunakan sepeda motor yang akan menuju ke Merak bisa terpantau juga. Ini bisa memantau arus yang datang dari Jakarta mulai dari Cikupa, sehingga kita bisa mempersiapkan untuk pengaturan bagaimana penyeberangan di Merak,” terangnya.

Sementara itu, Rudi juga mengatakan akan melakukan koordinasi antara Polda Banten, Polda Metro Jaya, dan PT ASDP. “Karena di sana akan diatur penyeberangan, sehingga kepadatan bisa terurai, terutama pengaturan pada kendaraan yang datang dari tol,” jelasnya.

 

Terpopuler