Alquran dan Kitab Suci Lainnya Diturunkan Bulan Ramadhan

Rep: C93/ Red: Erik Purnama Putra

Kamis 02 Jul 2015 01:31 WIB

Kitab suci Alquran. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kitab suci Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pakar Alquran UIN Syarif Hidayatullah Mukhlis Hanafi mengatakan, Ramadhan sangatlah identik dengan Alquran karena bulan Ramadhan merupakan bulan diturunkannya Alquran. Bahkan, tak hanya Alquran yang diturunkan di bulan Ramadhan, melainkan kitab suci lainnya pun sama diturunkan di bulan Ramadhan.

 

“Kan bukan hanya kitab suci Alquran yang diturunkan di bulan Ramadhan. Hampir seluruh kitab-kitab suci diturunkan bulan Ramadhan. Mulai dari Suhuf Ibrahim, Zabur, Taurat dan Injil semua turun di bulan Ramadhan,” katanya kepada Republika, Rabu (1/7).

 

Sehingga, Ramadhan ini selain diperingati sebagai bulan puasa, tetapi juga bulan saatnya merayakan Alquran. Alquran merupakan Madubatullah atau hidangan dari Allah SWT yang tak akan pernah membosankan.

 

Semakin dinikmati, semakin bertambah pula kenikmatan yang dirasakan. Bahkan, mereka yang beriman kepada Alquran, akan semakin bertambah rasa cinta kepadanya, cinta untuk membacanya, mempelajarinya, mengamalkannya dan mengajarkannya.

 

“Dengan begitu, membaca Alquran, mempelajarinya, mengamalkannya, memaknainya dan mengajarkannya sangat dianjurkan di bulan Ramadhan. Apalagi setiap kebaikan di bulan Ramadhan kan dilipatgandakan,” tambah Mukhlis.