Ramadhan Asyik, Masjid Salman ITB Datangkan Puluhan Tokoh Inspiratif

Rep: c01/ Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 01 Jul 2015 16:18 WIB

Masjid Salman ITB Foto: Republika/Edi Yusuf Masjid Salman ITB

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Masjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB) selalu memiliki cara untuk menjadikan momentum Ramadhan lebih berwarna dan bermanfaat.

Ramadhan 1436 H kali ini, Masjid Salman ITB melalui Panitia Pelaksana Program Ramadhan (P3R) menyelenggarakan program Ramadhan bertema Ramadhan Nusantara; Sucikan Hati, Menuju Indonesia Madani.

Dalam rangkaian program Ramadhan di Masjid Salman ITB, ada 10 program utama dan empat program pelayanan jamaah yang diselenggarakan. Salah satu dari 10 program utama yang menyedot perhatian banyak kalangan ialah program Inspirasi Ramadhan yang mendatangnkan banyak tokoh.

Tokoth-tokoh yang dihadirkan seperti dijelaskan Ketua Panitia Pelaksana Program Inirasi Ramadhan, Handy Tri Husodo, merupakan tokoh yang dinilai berprestasi di bidangnya masing-masing.

Di antaranya, mantan Ketua MPR RI Periode 1999-2004 Amien Rais, penulis buku best seller Api Sejarah Adian Husaini, hingga teknokrat Indonesia Ricky Elson. "Kami minta mereka untuk sharing tentang bagaimana mereka mengimplementasikan Islam demi kemaslahatan di sekitarnya," terang Handy saat ditemui di ITB.

Handy menyatakan para pembicara yang diundang menjadi pembicara dalam Inspirasi Ramadhan dibagi ke dalam tiga segmen. Tema yang akan diangkat dalam segmen pertama lebih menekankan pada sejarah Islam di Indonesia.

Sedangkan segmen kedua akan diisi tokoh negarawan yang akan berbicara tentang implementasi Islam untuk kemaslahatan masyarakat. Sedangkan di segmen terakhir, Masjid Salman ITB akan menghadirkan tokoh-tokoh muda berprestasi seperti Ricky Elson. "Jangan hanya jadi Ramadhan biasa. Kita ingin Ramadhan ini menyelesaikan satu masalah," jelas Handy.

Penyampaian materi oleh para tokoh yang diundang pun tidak selalu monoton di dalam ruangan. Para pembicara bebas menentukan caranya dalam menyampaikan materi. Aktivis Senior Wanadri, Abah Iwan, misalnya, lebih memilih menyampaikan materinya di lapangan terbuka.

Inspirasi Ramadhan berlangsung selama 20 hari pertama Ramadhan. Program yang diselenggarakan pada 18 Juni hingga 7 Juli ini berlangsung setiap pukul 16.00 WIB hingga 17.30 WIB di Masjid Salman ITB.

Setelahnya, Masjid Salman ITB juga berbagi ifthar hingga 1.500 porsi setiap harinya secara gratis selama Ramadhan. Pembagian makanan berbuka gratis ini juga merupakan salah satu dari 10 program utama Masjid Salman ITB.

Beberapa agenda menarik lainnya yang ditawarkan Masjid Salman ITB selama Ramadhan ialah penyaluran amal sembako, Ramadhan on Campus (Raos), Pondok Ramadhan yang ditujukan bagi siswa SMP dan SMA, Sahur on the Road, lomba menulis untuk Muslimah, lomba dsain busana muslimah untuk Muslimah, serta Seminar Keputrian (Jasmine).

Terpopuler