Fruit Salad, Segar untuk Berbuka Puasa

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Rabu 01 Jul 2015 16:01 WIB

Santap buah dalam bentuk salad buah yang menyegarkan untuk menambahkan asupan serat Ramadhan ini. Foto: flickr Santap buah dalam bentuk salad buah yang menyegarkan untuk menambahkan asupan serat Ramadhan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, Buah menjadi salah satu makanan yang sebenarnya harus banyak dimakan di bulan puasa. Perut yang sudah telanjur kenyang dengan nasi, lauk, dan kudapan lainnya membuat buah justru tak tersentuh.

Agar konsumsi buah tidak ditinggalkan selama puasa, ada banyak cara menikmati buah. Selain jus, Anda bisa mengolahnya menjadi salad buah.

Mau tahu cara membuatnya? Simak resep dari Chef Ayu Anjani, seorang koki muda yang pernah menjadi konsultan pastry di restoran Gourmet World, Kemang. Anjani merupakan pemilik Ann’s Bakehouse & Creamery. Sekarang usahanya itu berubah menjadi Anjani Patisseries yang dirintisnya sendiri.

Bahan-bahan:

-Apel sesuai selera

-Anggur sesuai selera

-Nanas sesuai selera

-Melon sesuai selera

-Mayones sesuai selera

-Yogurt sesuai selera

Cara membuat:

- Cuci buah-buahan yang telah Anda pilih. Buah-buahan bebas apa saja sesuai selera. Tapi sebaiknya hindari buah mangga dan pisang karena tinggi akan karbohidrat. Lebih baik buah yang mengandung banyak air, seperti jenis buah berry. Jika Anda ingin, bisa tambahkan nata de coco.

- Potong buah sesuai selera, bisa dalam bentuk dadu.

- Campurkan buah dalam wadah menjadi satu.

- Tambahkan yogurt.

- Kemudian tambahkan pula mayones. Tambahkan sedikit garam untuk membuat seimbang rasa manis buah dan asam yogurt juga gurihnya mayones.

- Aduk hingga rata.

- Tambahkan topping keju parut di atasnya.

- Sajikan salad dalam wadah cantik dan salad siap disantap untuk menu buka puasa Anda.

Terpopuler