Puasa Bukan Penghalang Bagi Vegetarian

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Rabu 01 Jul 2015 09:19 WIB

Vegetarian wanita (Ilustrasi) Foto: Womanitely Vegetarian wanita (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berpuasa bagi umat Muslim vegetarian bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Mereka masih bia menjalankan puasa sebulan penuh dengan baik tanpa perlu takut kekurangan gizi karena tidak mengonsumsi jenis makanan hewani.

"Tidak masalah, apalagi vegetarian terbagi beberapa bagian," ujar Inge Permadi, pakar gizi yang dihubungi ROL, belum lama ini.

Menurutnya bagi vegetarian yang masih mengonsumsi telur dan susu tidak akan mengalami keadaan kekurangan gizi, karena sumber protein sudah terpenuhi dengan baik. Terlebih lagi dengan porsi makan yang tidak mengalami perbedaan saat puasa ataupun tidak. Asal jumlah kalori, protein, dan lemak seimbang, maka vegetarian tidak perlu menghawatirkan kondisi tubuhnya saat berpuasa.

"Karbohidrat itu didapat dengan memakan nasi, protein didapat dari nabati, dan itu akan lebih sempurna jika memakan bermacam-macam, lemaknya pasti didapat dari proses pengolahan makanan," ujar Inge.

Karbohidarat juga bisa di dapat tidak hanya dari nasi, masih banyak pilihan seperti gandum yang memberikan rasa kenyang lebih lama. Ada pula kentang, jagung, singkong, hingga pasta sebagai pengganti nasi.

Selain itu sayur-sayuran dengan variasi bermacam-macam akan lebih baik dikonsumsi agar membentuk protein dengan baik. Sedangkan lemak akan didapatkan jika proses pengolahan makanan dilakukan dalam tubuh.

Terpopuler