Kreasi Menu Sahur dari Kornet dan Sarden

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Rabu 01 Jul 2015 08:08 WIB

Daging kornet (ilustrasi). Foto: export-forum.com Daging kornet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa memasak di waktu sahur sering kali membosankan. Karena ibu harus memasaknya sendirian di kala anggota lainnya masih tertidur lelap.

Untuk mempersingkat waktu memasak saat sahur, kornet dan sarden merupakan satu solusi sederhana membantu para ibu rumah tangga. Tapi sayangnya kornet dan sarden akan menjadi makanan monoton jika hanya dihidangkan seadanya saja. Ibu juga harus memberikan sentuhan berbeda pada kedua makan kaleng itu.

"Di Vietnam itu ada makanan yang namanya banh mi, sandwich vietnam pake roti baguette, salah satu isian yang populer itu sarden," kata Arie Parikesit saat dihubungi Republika, belum lama ini.

Menu Banh mi ini bisa jadi salah satu variasi menu sahur berbeda dari biasanya. Mungkin terkadang ada anggota keluarga malas memakan nasi, menu ini bisa jadi alternatif pas pengganti nasi. Ibu tinggal menambahkan bahan lain seperti selada, tomat, timun, dan tambahkan saus, mayones, atau sambal di dalamnya.

Jika ingin membuat menu lain dari sarden kaleng, ibu bisa juga membuat nasi goreng gila dengan irisan sarden. Bisanya nasi goreng gila dihidangkan dengan ayam, sosis, atau bakso, tapi kali ini ganti saja bahan-bahan tersebut dengan potongan sarden, kemudian bisa tambahkan lagi bawang putih, bawang merah, cabe, dan daun bawang, karena sarden kaleng sudah terdapat bumbu saus tomat di dalamnya.

Bagaimana dengan olahan kornet? Menu yang paling mudah mengolah konet menjadikannya perkedel. Tinggal goreng kentang yang sudah di kupas dan dipotong-potong, kemudian campurkan dengan telur dan sedikit bumbu terdiri dari lada, garam dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Setelah itu silahkan bentuk sesuai selera,dan goreng hingga kecoklatan.

"Kornet bisa dibuat apa aja, karena bisa menjadi pengganti daging cingcang," ujar CEO Kelana Rasa Culinary tersebut.

Selain dibuat perkedel, kornet juga bisa menjadi bahan tambahan olahan pasta dan spaghetti, lasagna, dan macaroni schotel. Jadi jangan matikan indra inovasi dan kerasi, kedua bahan ini bisa diolah menjadi berbagai masakan.