Ini Pangkas Rambut Paling Ramai Sedunia (2- habis)

Rep: Budi Raharjo/ Red: Bilal Ramadhan

Selasa 30 Jun 2015 12:15 WIB

anak laki laki yang sedang potong rambut di Pangkas rambut  (ilustrasi). Foto: Republika/Musiron anak laki laki yang sedang potong rambut di Pangkas rambut (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Hanya dalam hitungan lima menit, tangan tangkas pencukur rambuat sukses mencukur habis rambut pelanggan. Rangkaian ibadah umrah pun tuntas. Al Marwa Barbers Shop seperti mal khusus para pemangkas rambut. Di sana ada beberapa kios pangkas rambut.

Jaraknya sekitar 400 meter dari lokasi Marwah. Cukup jauh memang. Dilihat dari bangunannnya, Al Marwa Barbers Shop sepertinya belum lama dibangun. Mungkin sekitar dua atau tiga tahun lalu, mengikuti revonasi Masjidil Haram yang mulai dikerjakan pada 2013.

Sebelum adanya renovasi, kios barber shop banyak ditemukan di dekat bukit Marwah. Area garis finish prosesi sa'i. Kini bangunan-bangunan yang bukan bagian dari Masjidil Haram di sekitar Marwah telah dirobohkan. Sebagai gantinya akan didirikan bangunan perluasan Masjidil Haram agar bisa menampung jamaah lebih banyak lagi.

Sepertinya, kios-kios pangkas rambut yang tergusur itu sebagian pindah ke Al Marwa Barbers Shop. Di dekat terminal bis Gaza, sebenarnya berdiri pula beberapa kios pangkas rambut. Namun, kios-kios itu beroperasi sendiri-sendiri.

Selama Ramadhan, Makkah kebanjiran jamaah umrah. Memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, aliran jamaah umrah dari mancanegara dan warga lokal bahkan bakal bertambah deras. Bagi para pemangkas rambut, itu pertanda bagus.

Kios mereka akan lebih ramai lagi didatangi jamaah umrah. Gunting cukur mereka pun bakal tak berhenti bekerja sepanjang hari.