Pasar Murah Ringankan Beban Masyarakat

Red: Damanhuri Zuhri

Senin 29 Jun 2015 21:39 WIB

Pasar murah Ramadhan Foto: Antara Pasar murah Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Gubernur Jambi Hasan Basri Agus mengatakan pasar murah sangat membantu meringankan beban masyarakat kecil terutama dalam bulan puasa dan menghadapi Lebaran 1436 Hijriah.

"Saya mengharapkan pasar murah ini dilaksanakan di pemukiman masyarakat kecil sehingga kegiatan ini akan langsung mengena dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan," kata Gubernur Hasan Basri saat membuka bazar murah Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Provinsi Jambi di Jambi, Senin.

Gubernur mengatakan, barang yang dijual di bazar ini tidak hanya dibeli oleh pihak tertentu saja, karena di tengah perekonomian Jambi yang belum baik seperti saat ini, selisih harga Rp 20 ribu saja sangat berarti bagi masyarakat.

Gubernur mengatakan, pemerintah terus memantau perkembangan fluktuasi harga bahan pokok saat ini melalui operasi pasar. Pemerintah juga telah memperhitungkan ketersediaan bahan pokok.

"Menjadi tugas pemerintah untuk memikirkan bagaimana menjamin kesejahteraan serta keamanan masyarakat, apalagi sebagai Kepala Daerah memiliki tanggung jawab dalam menjamin rakyatnya terutama dalam menghadapi ketersediaan bahan pokok,'' ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini angka inflasi harga barang masih terkendali dan terjangkau dan hal ini akan terus menjadi perhatian pemerintah terutama menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Agenda pemerintah adalah bagaimana terpenuhinya kesediaan pangan dan harganya terjangkau oleh masyarakat. Nantinya, pemerintah juga akan melakukan intervensi harga misalnya dengan membeli sapi dan kemudian dijual menjelang lebaran agar harga tidak melonjak,'' kata Gubernur Jambi menambahkan.

Terpopuler