Muslim Bali Gelar Pesantren Kilat Berhadiah

Rep: ahmad baraas/ Red: Damanhuri Zuhri

Senin 29 Jun 2015 19:58 WIB

Muslim Bali Foto: Republika/Fitria Andayani Muslim Bali

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Dalam rangka mengisi liburan panjang akhir tahun pelajaran yang bertepatan dengan datangnya bulan Ramadhan, warga muslim Nuansa Hijau, Denpasar Utara, menggelar pesantren kilat. Uniknya dalam kegiatan itu pihak panitia juga menyiapkan hadiah bagi para pesertanya.

"Hadiah kami sediakan untuk mendorong anak-anak mengukuti kegiatan ini, supaya liburannya lebih berarti," kata Ketua Warga Muslim Nuansa Hijau, H Slamet.

Hal itu dikemukakan Slamet, Senin (29/6), di sela-selam acara penutupan kegiatan pesantren kilat di perumahan itu. Menurut Slamet, pemberian hadiah itu kenyataannya memang dapat mendorong anak-anak dan remaja setempat berpartisipasi menjadi peserta.

Di Kompleks Perumahan Nuansa Hijau, terdapat sekitar 80 KK warga muslim dan terdapat sekitar 40 remaja putra dan putri berpendidikan SMP dan SMA, serta sejumlah anak setingkat SD. Dalam kegiatan pesantren kilat, mereka dipisahkan dua kelas, yakni untuk peserta siswa SD dan siswa SMP dan SMA.

Kegiatan tarawih di kompleks perumahan itu dilaksanakan di bangunan rumah milik penduduk yang memang disiapkan untuk pelaksanaan shalat Tarawih berjamaah.

Menurut Slamet, selain kegiatan tarawih bersama dan kegiatan pesantren kilat, di tempat itu juga diadakan kegiatan berbuka puasa bersama. "Untuk silaturrahim. Selain itu juga untuk membiasakan warga beredekah ifthar," kata Slamet menambahkan.

Terpopuler