7.923 Bus AKAP Siap Angkut Pemudik

Rep: c17/ Red: Dwi Murdaningsih

Senin 29 Jun 2015 16:34 WIB

Armada mudik Foto: Antara Armada mudik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memasuki pekan kedua bulan suci Ramadhan, beberapa terminal bus Antar Kota Antar Proponsi (AKAP) kian dibanjiri armada yang siap mengantar para penumpang yang ingin mudik ke kampung halaman. Sebanyak 7.923 AKAP disiapkan untuk pemudik Lebaran tahun ini. Mereka diangkut dari 12 terminal yang tersebar di wilayah ibukota.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Angkutan Darat Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, Emmanuel Kristanto. Ke-12 terminal itu terdiri dari tiga terminal utama dan sembilan terminal bantuan.

Untuk tiga terminal utama yaitu Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulogadung. Sedangkan sembilan terminal bantuan, kata Emmanuel, di antaranya Terminal Tanjung Priok, Pinang Ranti, Rawamangun, dan Pulogebang.

"Kita juga siapkan 10 pool bus untuk mengantisipasi terjadi penumpukan penumpang di terminal," papar Emmanuel Kristanto saat dihubungi, Senin (29/6).

Untuk armada sendiri Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta menyiapkan 7.923 bus reguler untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik Lebaran tahun ini. Dengan rincian 2.469 bus AKAP DKI yang berasal dari 41 perusahaan Otobus (PO) dan 5.454 unit bus AKAP Non DKI.

Terpopuler