Kue Cubit Alternatif Menu Berbuka Puasa yang Unik

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Senin 29 Jun 2015 17:38 WIB

Kue cubit Foto: Google Kue cubit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Biasanya beberapa orang tidak terbiasa langsung memakan masakan berat seperti nasi beserta lauk. Mereka terbiasa memakan menu berbuka yang manis sebagai pengganjal sebelum melaksanakan shalat.

Salah satu chef yang terkenal dengan masakan urban, Chef Yuda Bustara memberikan satu resep menu berbuka puasa yang biasanya ditemui di pinggir jalan, Kue Cubit. Penasaran? Ikuti resep praktisnya.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan: 2 butir telur, 75 gram gula pasir, 1/2 sendok baking soda, 150 gram tepung terigu berprotein sedang, 25 gram butter tawar yang sudah dicairkan, dan terakhir 1/4 vanila.

Siapkan topping sesuai selera, seperti menggunakan meses, kitkat, oreo, atau camilan dan biskuit lainnya sebagai variasi menarik juga menambah tekstur kue.

Cara memasaknya cukup mudah. Cukup campurkan telur dan gula menggunakan mixer sampai mengembang. Kemudian masukan butter cair dan vanila, aduk rata.

Sebelum memasukan tepung, ayak terlebih dahulu tepung dengan baking power, kemudian masukan campuran tersebut secara perlahan ke dalam adonan yang tadi dibuat.

Setelah semuanya tercampur, masukan adonan ke dalam sandwich maker atau jika tidak ada bisa menggunakan teflon anti lengket. Jika adonan sudah terlihat sedikit kering di bawahnya, taruh topping di atasnya.

Tunggu hingga matang, atau jika lebih suka dengan kue setengah matang, bisa langsung angkat dan sajikan. Mudah bukan? Jadi jangan bingung membuat makanan sehat dengan selera dan cara sendiri, selamat mencoba.

Terpopuler