Program ‘Hello Ramadhan’ Bantu Masyarakat Jalani Puasa di Arab Saudi

Rep: c08/ Red: Damanhuri Zuhri

Ahad 28 Jun 2015 10:41 WIB

Warga Arab Saudi ketika berpuasa puasa Ramadhan pada tahun lalu. Foto: regionalpost.com Warga Arab Saudi ketika berpuasa puasa Ramadhan pada tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Departemen Kesehatan Arab Saudi mengatakan program Hello Ramadhan yang diluncurkan institusinya untuk melayani konsultasi kesehatan bagi masyarakat selama puasa, banyak membantu dalam menyeimbangkan kesehatan untuk menjalani ibadah puasa.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Saudi Khalid Al-Mirghalani mengatakan, hampir setiap hari layanan Hello Ramadhan yang bisa dihubungi melalui layanan bebas pulsa mendapatkan berbagai respon dan pertanyaan dari masyarakat yang ingin memastikan langkah yang tepat untuk menjaga kesehatannya selama puasa.

"Ini membantu umat Muslim di Arab Saudi untuk mengatasi masalah medis yang mereka hadapi, terutama selama bulan Ramadhan ini," kata Khalid, dikutip dari Arab News, Ahad (28/6).

Program yang diluncurkan sejak awal Ramadhan 1436 H ini, kata Khalid, akan dijadikan sebagai program tahunan guna memastikan kesehatan umat Muslim yang berpuasa di Arab Saudi.

Program ini, kata dia, akan difokuskan kepada pentingnya untuk menjaga keseimbangan dalam konsumsi selama Ramadhan, dan juga melayani konsumsi obat dan suplemen yang tepat untuk menjalani ibadah puasa dengan nyaman.

Melayani masyarakat melalui program tersebut, Dinkes Arab Saudi, kata Khalid, menghadirkan beberapa dokter dari berbagai bidang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Layanan ini dapat dilakukan setiap hari termasuk hari Ahad selama jam kerja.

Selain dapat berkonsultasi melalui telepon, masyarakat juga dapat berinteraksi dengan dokter melalui jejaring sosial facebook dan twitter yang disediakan.

Terpopuler