Ummali Sajian Berbuka di Bulan Ramadhan

Rep: C27/ Red: Winda Destiana Putri

Ahad 28 Jun 2015 06:20 WIB

Ummali Foto: Google Ummali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Makanan berbuka bisanya berkaitan dengan makanan-makanan bercita rasa manis. Bisanya di Indonesia saat akan berbuka maka akan bertebaran makan-makan manis seperti bubur sumsum, kolak, candil, dan jenis lainnya.

Kali ini tidak ada salahnya jika ingin mencoba makanan manis khas Turki yang bernama ummali. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi sebagai hidangan pembuka sebelum beranjak menikmati makanan berat saat berbuka puasa.

Salah satu tempat yang menawarkan paket berbuka dengan makanan ini adalah Mercure Hotel Jakarta Sabang yang berada di Jl. Agus Salim No. 11-13, Jakarta Pusat. Menu ummali ini disediakan sebagai salah satu menu takjil berbuka bagi pelanggan yang ingin mencicipi nuansa makanan Timur Tengah.

"Dataran Timur Tengah hampir dikuasi seluruhnya oleh Turki, sehingga makanannya enggak jauh beda," ujar Chef Billy Wicaksono selaku Sause Chef di dapur Mercure Hotel Jakarta Sabang, Jl. Agus Salim No. 11-13, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Ummali terbuat dari puff pastery,susu, gula, kapulaga, bisa ditambahkan kacang-kacangan seperti pistachio, almond, atau kacang mede sebagai pelengkap. Rasa yang dihasilkan dari bahan sederhana itu begitu lezat dan gurih. Tidak ada kesan terlalu berat untuk memakannya setelah perut kosong berpuasa.

"Orang rumah bisa bikin ummali dengan cara yang mudah," ujar Chef yang sudah mendapatkan pengalaman memasak di beberapa negera Arab.

Menurut Billy, cara termudah membuat ummali di rumah dengan menggunakan croissant atau roti yang menyerupai bulan sabit berasal dari Prancis sebagai bahan dasarnya.

Ia menyarankan membeli croissant yang sudah jadi di supermarket atau toko kue yang menjual roti tersebut. Kemudian bahan-bahan seperti susu dan gula dipanaskan, beri sedikit kapulaga, tunggu hingga memunculkan bau harum baru masukkan croissant kedalam adonan tersebut.

Jika suka silahkan tambahkan kacang-kacangan sesuai selera. Tunggu hingga croissant luluh dan lembek, kemudian siapkan di wadah saji. Sajian ini bisa ditambahkan white cream di atasnya sebagai variasi dan rasa yang lebih menarik.

Terpopuler