Kakorlantas Siapkan Tempat Istirahat Pemudik Motor

Rep: c91/ Red: Agung Sasongko

Rabu 24 Jun 2015 23:07 WIB

Pemudik motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/7). Foto: Republika/Wihdan/ca Pemudik motor melintas di Jalur Pantura, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (26/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Korlantas Polri Irjen Condro Kirono menyatakan, keselamatan pemudik menjadi prioritas. Maka ia menghimbau agar masyarakat bisa mudik menggunakan angkutan umum dan bukan motor.

Meski begitu, Condro yakin masih banyak pemudik dengan motor. "Kami akan minta para pemudik sepeda motor beristirahat di perbatasan Check Point yang kami sediakan," ujarnya kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, (24/6).

Dirinya menyebutkan ada beberapa lokasi yang disediakan sebagai Check Point, pertama di Kantor KPU yang terletak di perbatasan Karawang dan Bekasi. Lalu Kecamatan Ciasem, terakhir di Brebes.

Kemudian untuk arus balik Check Point ada di Cirebon dan Sukamandi. "Di sana kami sediakan bengkel, dokter, dan psikolog, jadi para pemudik wajib beristirahat di sana," tegas Condro.

Ia pun menjelaskan, bakal mempersiapkan jalur alternatif sepeda motor. Jadi saat masuk Karawang, sepeda motor akan dialihkan ke sebelah kiri, sehinggga tak masuk Kota Cikampek. Upaya ini demi mengurangi kemacetan.

Terpopuler