Cara Membangun Ukhuwah Islamiyah

Rep: c93/ Red: Agung Sasongko

Kamis 25 Jun 2015 07:03 WIB

Ilustrasi Ramadhan Foto: Reuters/Mohsin Raza Ilustrasi Ramadhan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Marsudi Syuhud mengatakan, membangun ukhuwah islamiyah itu harus ke atas, ke bawah serta ke sesama. Membangun ukhuwah ke atas, berarti menjalin hubungan dengan orang yang tingkat sosial atau ilmunya lebih tinggi daripada kita.

 

“Contohnya, di bulan Ramadhan ini ketika butuh ilmu belajar ke yang ilmunya lebih tinggi dan kita disuruh untuk itu ketika bodoh, ketika usaha belum bener, ketika urusan agama belum baik ya harus berguru ke yang ada di atas kita,” kata dia kepada ROL, Rabu (24/6).

 

Marsudi melanjutkan, membangun ukhuwah islamiyah dengan menjalin hubungan ke bawah pun harus dijalankan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengayomi orang-orang yang ada di bawah kita dengan mengamalkan hasil pembelajaran dari yang ada di atas kita.

 

“Ke bawahnya ya untuk menikmati hasil pergaulan dengan yang di atas tadi. Kalau hasil pergaulannya ilmu, maka kasih ke yang bawah ilmu itu, kalau hasilnya materi, maka kasih juga yang di bawah materi, kalau hasilnya keamanan dan kenyamanan maka berikan orang-orang yang di bawah rasa aman dan nyaman,” tambah Marsudi.

Terpopuler