Arus Mudik 2015, Jumlah Pesawat dan Kereta Api Ditambah

Rep: c91/ Red: Agung Sasongko

Rabu 24 Jun 2015 16:51 WIB

Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (26/2).  (Republika/ Yasin Habibi) Foto: Republika/ Yasin Habibi Calon penumpang membeli tiket kereta api di Stasiun Senen, Jakarta, Kamis (26/2). (Republika/ Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan (Menhub) RI Ignasius Jonan mengungkapkan, terdapat 450 pesawat yang dipersiapkan untuk memenuhi arus mudik tahun ini. Sebelumnya pada 2014 tersedia 430 pesawat.

Jonan menyatakan, tak menutup kemungkinan ada penambahan armada lagi. "Kami sudah tawarkan melalui surat ke maskapai, kalau mauh menambah pesawat masih bisa, sepanjang bandaranya masih bisa melayani," jelasnya dalam Rapat Kerja di Komisi V DPR, Jakarta, Rabu, (24/6).

Ia juga menyebutkan, ada penambahan kereta api (KA) untuk arus mudik sebanyak delapan persen menjadi 340 KA. Sebelumnya pada 2014 hanya terdapat 293 KA.

"Rute lintasannya kalau dibutuhkan, akan kami coba atur bersama PT KAI (Kereta Api Indonesia) supaya, kalau ada animo berlebih bisa kami layani," tambah Jonan. Ia berharap tahun ini arus mudik serta arus balik bisa lebih teratur.

Jonan menuturkan, sebelumnya Presiden meminta agar tiket KA dan pesawat tak dijual dengan tarif batas atas. "Kasih diskon antara 5 sampai 10 persen," ujarnya.