Mobile Masjid, Satu Mobile untuk Semua

Rep: c38/ Red: Damanhuri Zuhri

Rabu 24 Jun 2015 12:46 WIB

Shalat berjamaah di Mobile Masjid, di Loop Station Telkomsel, Kota Bandung, Selasa (16/6).  (Republika/Edi Yusuf) Shalat berjamaah di Mobile Masjid, di Loop Station Telkomsel, Kota Bandung, Selasa (16/6). (Republika/Edi Yusuf)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -– Yayasan Masjid Nusantara (YMN) bekerja sama dengan Rumah Zakat baru saja meluncurkan program mobile masjid. Tidak hanya menyediakan sarana ibadah, mobile masjid juga menyediakan jasa bersih-bersih masjid dan kalibrasi masjid.

“Mobile masjid juga kita gunakan untuk bersih-bersih masjid ketika tidak sedang menunaikan kewajibannya sebagai masjid,” kata Muhammad Sobirin, Direktur Yayasan Masjid Nusantara kepada Republika, Selasa (23/6).

Ia menjelaskan, mobile masjid akan mendatangi masjid-masjid yang tidak mampu melakukan pembersihan masjid sendiri atau yang mengajukan permohonan pada YMN. Program ini memiliki tagline “Masjidku Nyaman”, bagaimana masjid bukan hanya bersih, juga nyaman.

Saat menjalankan fungsi bersih-bersih, lanjut Sobirin, mobile masjid ini akan mengangkut alat-alat kebersihan. YMN akan membantu untuk mencucikan mukena yang kotor, membersihkan karpet, atau menyediakan pewangi ruangan.

Sobirin juga mengatakan, fungsi lain dari mobile masjid adalah kalibrasi masjid atau arah kiblat. Menurutnya, fungsi ini memang tidak terlalu banyak yang memanfaatkan karena dengan teknologi informasi yang tersedia sudah banyak yang sadar melakukan kalibrasi arah kiblat. Akan tetapi, masih banyak juga masjid yang membutuhkan bantuan untuk kalibrasi arah masjid.

“Kami juga tertarik untuk ketersediaan masjid di tempat bencana. Masjid-masjid di tempat bencana kan bisa jadi rusak dan sebagainya. Kami bisa hadir di sana untuk memfasilitasi sarana ibadah bagi korban bencana,” kata Sobirin menambahkan.

Terpopuler