Hari Ini Mesir Jalani Puasa Terpanjang

Rep: C30/ Red: Erik Purnama Putra

Rabu 24 Jun 2015 11:18 WIB

Salah satu sudut Kota Kairo, Mesir selama Ramadhan. Foto: The Star. Salah satu sudut Kota Kairo, Mesir selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Di Mesir pada Rabu (24/6), merupakan hari terpanjang selama bulan Ramadhan. Lamanya hari ini sekitar 15 jam dan 52 menit, berdasarkan Research Institutte Astronomi dan Geofisika Nasional Mesir.

Sebenarnya, Mesir telah mengalami hari terpanjang pada awal Ramadhan ini. Namun, mulai Kamis (25/6), jam puasa akan terus berkurang setiap menit hingga akhir Ramadhan nanti. Dari awalnya 15 jam 52 menit, nantinya menjadi 15 jam 37 menit pada akhir Ramadhan, 16 Juli nanti.

Dilansir dari Al Ahram, suhu tertinggi di Kairo telah mencapai 32 derajat celcius dan suhu terendah, yaitu 21 derajat celcius. Hal itu terjadi pada hari ke tujuh di bulan Ramadhan.

Suhu tinggi kemudian mulai turun setelah tiga hari Mesir di landa gelombang panas di awal Ramadhan. Suhu tertinggi mencapai 38-40 derajat celcius.

Lembaga research mengatakan bahwa Ramadhan tahun ini akan berlangsung selama 29 hari. Bulan akan muncul hingga menandakan akhir kuartal pertama bulan lunar.

Selama bulan puasa ini, muslim akan menjauhkan diri dari makanan dan minuman pada siang hari, di mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari.

Terpopuler